Perawatan untuk Gilingan Mie Anti Karat Ala Dunia Masak

Bagi kamu para pebisnis kuliner rumahan maupun pabrik tentu memiliki alat-alat yang dipakai untuk jangka panjang.  Peralatan jangka panjang tersebut tentu memerlukan perawatan yang rutin. Terumtama dalam membersihkannya ya! Kali ini tim Dunia Masak akan membagikan tata cara membersihkan atau melakukan perawatan untuk gilingan mie. Simak ya!

Cara Membersihkan Gilingan Mie

Gilingan mie signora via duniamasak.com

Gilingan mie signora via duniamasak.com

Oiya, gilingan mie ini biasanya digunakan untuk membuat aneka pasta, molen, atau pastel dan masih banyak lagi aneka olahan lainnya. Bagi kamu yang hobi memasak pasti tahu, untuk membuat adonan tersebut dibutuhkan alat penggiling adonan. Biasanya kita menyebut dengan gilingan mie. Padahal nama sebenarnya adalah ampia.

Ampia ini memang sangat berguna untuk menipiskan adonan. Sebelum ada alat ini, para orangtua zaman dulu biasa menggiling dengan botol atau gilingan yang terbuat dari kayu. Kelemahannya, menggiling dengan botol atau kayu, tebal-tipisnya adonan tidak bisa sama persis. Tapi dengan ampia kita bisa menyesuaikan ketebalan adonan yang kita inginkan.

Saat ini, seringkali yang menjadi masalah yang kerap melanda para pengguna ampia adalah bagaimana cara merawat alat ini agar bisa tahan lama atau juga membersihkannya dengan benar. Ya, sebab alat ini agak susah untuk dibersihkan.

Baca lainnya  Jenis-jenis Kopi Terbaik di Indonesia: Yuk Cobain!

Berikut ini tips membersihkan gilingan mie:

1. Pertama-tama untuk membersihkan ampia adalah dengan tidak menggunakan air untuk mencucinya. Jangan mencuci dengan air karena besi ampia atau gilingan mie akan menjadi berkarat. Ya, sebab sisi-sisi kecil yang terselip air akan dengan mudah mengalami karat.

2. Setiap selesai menggunakan, bersihkan ampia, caranya cukup lap dengan kain bersih yang sudah dikasih sedikit minyak goreng.

3. Jika alat penggiling atau ampiamu sudah terlanjur berkarat, beri cuka dapur pada bagian yang berkarat. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian amplas bagian-bagian yang berkarat yang sudah diberi cuka tadi. Lap dengan kain bersih. Keringkan kemudian.

4. Simpan ampia, bungkus dengan plastik bening, kemudian masukkan lagi ke dalam boksnya. Simpan di tempat yang kering. Lalu simpan pada box dengan suhu ruangan ya!

Baca lainnya  Berbagai Macam Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya

5. Saat akan menggunakan ampia, cukup dilap dengan kain kering ya!

Nah, setelah kalian mengetahui beberapa tata cara merawat dan membersihkan ampia, semoga peralatanmu tahan lama ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!