Hal Menarik tentang Fakta Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta kopi ala duniamasak via pexels.com

Kopi adalah minuman yang lagi hype akhir-akhir ini. Banyak kedai-kedai kopi bertebaran di berbagai kota. Pun, kawula muda kini sudah menjadikan kopi sebagai gaya hidup. Dari sekian banyak penikmat kopi ini, banyak juga yang berstatus penikmat kopi pemula. Tak jarang para penikmat kopi pemula ini belum memahami betul seluk beluk tentang dunia perkopian. Untuk itu akan tim duma ulas lebih lanjut pada tulisan ini seluk-beluk atau fakta kopi yang wajib diketahui penikmat kopi pemula.

Fakta Kopi Penting untuk Diketahui

fakta kopi unik via staradvertiser.com

fakta kopi unik via staradvertiser.com

Kopi Tak Selamanya Hitam dan Pahit

Mendengan kata “kopi” pasti kamu akan terbayang dengan dua kata juga: hitam dan pahit. Padahal kopi tak selamanya pahit lho sahabat duma. Tingkat kepahitan kopi dipengaruhi tingkat penyangraiannya. Semakin lama kopi di roasting (disangrai) akan semakin pahit dan hitam kopi yang dihasilkan. Secara umum ada 3 tingkatan dalam proses roasting yaitu light, medium dan dark.

Proses Pengolahan Biji Kopi

Sebelum kopi berada di cangkirmu dan siap dinikmati, kopi memiliki perjalanan yang cukup panjang. Pada awalnya petani menanam Kopi. Kemudian saat panen petani memanen buah kopi atau biasa disebut cherry kopi dan kemudian memisahkan biji dari buahnya. Setelah biji kopi dan buahnya dipisahkan biji kopi yang masih mentah dijemur sampai kadar airnya berada pada tingkatan tertentu. Setelah itu biji kopi hijau atau green bean disangrai sesuai dengan tingkatan yang diinginkan roaster. Setelah itu biji kopi digiling dan kopi siap diseduh untuk dinikmati.

Baca lainnya  Ide Olahan Makanan Diet dengan Sayur: Cara Ala Model

Kopi Punya Beragam Rasa

Tak banyak penikmat kopi pemula yang tahu bahawa ternyata kopi memiliki “beragam rasa” lho. Yang dimaksud beragam rasa ini adalah after taste atau rasa yang tertinggal di mulut saat meminum kopi. Ada berbagai macam after taste mulai dari cocoa, nutty, karamel bahkan beberapa jenis kopi memiliki after taste-nya jeruk atau ada juga stroberi. Hal ini dipengaruhi oleh kontur dan lokasi di mana kopi ditanam . Kopi memang adalah tanaman unik yang bisa menyerap rasa dari tumbuhan disekitar tempat ia ditanam. Jadi ngga cuman rasa pahit aja lho sahabat duma.

Kok Bisa Rasa Kopi Pahit?

Wajib kamu ketahui bahwa buah kopi itu rasanya manis loh. Lalu kenapa setelah kita seduh kopi jadi pahit yaa? Nah rasa pahit yang terkandung dalam kopi yang kamu minum itu lahir dari proses penyangraian (proses roasting). Selain karena proses roasting tersebut pahitnya kopi juga dipengaruhi oleh karakteristik kopi, suhu dan tingkat kehalusannya. Semakin tinggi suhu air yang kamu gunakan untuk menyeduh kopi maka akan semakin pahit rasanya, semakin halus bubuk kopi yang kamu seduh maka akan semakin pahit pula kopinya.

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!