Hummus, Hidangan khas Timur Tengah yang Kaya Rempah

Hummus timur tengah via freepik

Timur tengah merupakan sebuah wilayah yang mencakup beberapa kelompok suku dan budaya. Timur Tengah juga terkenal dengan sajian kulinernya yang enak dan nikmat. Salah satunya adalah makanan yang bernama Hummus.

Fakta Hummus dari Timur Tengah

Hummus, makanan khas timur tengah via freepik ala duniamasak
Hummus, makanan khas Timur Tengah via freepik

Hummus adalah hidangan yang berasal dari negeri Syam, Timur Tengah. Makanan ini berisi puree, bubur, saus atau sejenis selai gurih yang dibuat dari kacang Arab giling yang sudah dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam, dan bawang putih. Hummus memiliki tekstur yang lembut sehingga seringkali menjadi pendamping beberapa makanan lezat Timur Tengah lainnya. Selain terkenal dengan kelezatannya, Hummus juga memiliki sejumlah fakta menarik yang patut diketahui. Mari simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mudah dimasak

Mungkin ada yang merasa jika dilihat dari bahan-bahan untuk membuat Hummus sangatlah rumit. Namun dalam kenyataannya, Hummus sangat mudah untuk dimasak. Hidangan ini adalah salah satu makanan Timur Tengah yang proses pengolahannya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya dengan menghaluskan kacang Arab dan dengan beberapa bahan yang telah disebutkan di paragraf kedua.

Baca lainnya  7 Pilihan Soto Paling Enak Khas Indonesia

2. Makanan yang sehat

Bagi yang sedang menjalani program hidup sehat ataupun seorang vegan yang menghindari konsumsi daging, Hummus bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Hidangan ini memiliki komposisi dari kacang Arab, minyak zaitun, garam, tahini, dan bawang putih, dimana komponen-komponen tersebut merupakan bahan yang aman untuk disantap para vegan. Akan lebih lezat lagi jika ditemani makan bersama roti.

3. Memiliki kandungan yang baik

Melihat dari bahan-bahan yang sudah dijelaskan diatas, maka tidak perlu diragukan bahwa dengan mengonsumsi Hummus bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan baik didalamnya seperti terdapat sumber zat seng, asam folat, serta karbohidrat sehingga makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Hidangan tradisional yang cukup terkenal

Mungkin di Indonesia, makanan ini belum cukup terkenal. Namun lain halnya dengan di negara bagian lain. Selain merupakan terkenal sebagai makanan tradisional, sebenarnya Hummus juga sangat populer di berbagai belahan Timur Tengah bahkan termasuk Turki dan Afrika Utara. Inilah yang membuat Hummus semakin menjadi salah satu primadona makanan yang patut untuk dicoba.

Baca lainnya  6 Jenis Makanan Bergizi yang Menunjang Kulitmu Agar Tampak Cerah dan Mulus

Bagaimana? Apakah sahabat Duma tertarik untuk mencoba Hummus atau ingin memasak sendiri di rumah? Duma juga punya resepnya nih:

Resep Hummus

Resep membuat Hummus via freepik
Resep membuat Hummus via freepik

Bahan:
250 gram Kacang Arab
3 siung Bawang putih (memarkan)
1 liter Air (untuk merendam)
60 ml Air matang
60 ml Minyak zaitun
45 ml Air jeruk lemon
1 sdt Ketumbar bubuk
ยฝ sdt Garam
3 sdm Minyak zaitun
Tahini secukupnya
Taburan:
2 sdt Jinten bubuk
1 sdt Paprika bubuk
1 sdm Parsley
Pendamping:
Roti prata atau maryam

Cara Membuat:
1. Cuci bersih kacang Arab lalu rendam dalam air semalaman hingga mengembang. Bilas dan tiriskan.
2. Masukkan kacang Arab ke dalam blender kemudian tambahkan air, bawang putih, minyak, air jeruk, ketumbar dan garam. Haluskan campuran bahan-bahan tersebut hingga lembut dan agak kental. Angkat lalu sisihkan.
3. Untuk penyajian, tuangkan hummus ke dalam piring lalu siramkan minyak zaitun di atasnya serta taburi dengan bahan-bahan taburan. Dampingi dengan roti prata atau maryam.
4. Hummus siap disajikan.

Bagi yang sudah mencoba, yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar ๐Ÿ™‚ Duma tunggu ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!