INACRAFT 20th “Pameran Kerajinan Internasonal” yang Diselenggarakan di JCC

Inacraft 2018 & DuniaMasak via dok. pribadi

Hallo sahabat duma, INACRAFT 20th diselenggarakan tepat tanggal 25-29 April  lalu yang berlokasi di Jakarta Convention Center.  Apakah kamu sempat mampir ke JCC event INACRAFT ke 20th tersebut? Banyak banget barang-barang yang akan memanjakan mata khususnya fashion dan perlengkapan rumah khusus handicraft. Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!

INACRAFT 20th Ajang Menjual Hasil Handicraft Terbaik

Koleksi Kerajinan Batik di Inacraft 2018 dok. DuniaMasak

Koleksi Kerajinan Batik di Inacraft 2018 dok. DuniaMasak

Bukan Hanya diikuti oleh Negara Indonesia

INACRAFT ke 20 ini merupakan pameran produk kerajinan Internasional terbesar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Pameran ini telah diikuti oleh 1.395 peserta dari seluruh pelosok tanah air dan juga Asia Tenggara. Event ini diikuti oleh para pengrajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan tangan. Beberapa negara sahabat juga turut serta menyemarakkan pameran dengan menampilkan produk terbaik kerajinan mereka. Negara tersebut diantaranya Jepang, Polandia, Uzbekistan, Korea Selatan, dan beberapa negara anggota Asean yang tergabung dalam AHPADA (Asean Handicraft Promotion dan development association).

DuniaMasak sebagai Media Partner di INACRAFT 20th

DuniaMasak sebagai Media Partner di INACRAFT 20th

Seperti biasanya setiap penyelenggaraannya secara bergilir INACRAFT menampilkan kerajinan dari daerah tertentu di Indonesia sebagai ikon utama pameran. INACRAFT 20th ini juga telah menampilkan produk kerajinan seni dan atraksi budaya Sumarera Utara sebagai ikon pameran dengan tema “The Loftiness of North Sumatera” yang mendampingi tema sentral INACRAFT yaitu “Colouring The World”.

Baca lainnya  5 Jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang Memiliki Banyak Manfaat

Nah di acara INACRAFT 20th ini, bukan hanya menampilkan produk kerajinan dari ikon provinsi saja lho sahabat duma! Pembukaan event INACRAFT 20th ini juga menghadirkan kesenian musik dan hiburan budaya berupa tari-tarian selama pameran.

DuniaMasak Sebagai Media Partner

DuniaMasak sebagai media partner INACRAFT 20th

DuniaMasak sebagai media partner INACRAFT 20th

Tahun ini DuniaMasak sebagai Media Partner di event INACRAFT 2018. DuniaMasak juga membuka booth di Hall Cendrawasih. DuniaMasak menghadirkan beberapa contoh produk yang bisa langsung pengunjung tanyakan untuk konsultasi pembelian. Nah di booth DuniaMasak ini tim duma memberikan voucher IDR 100K untuk pengunjung yang telah registrasi. Selain itu, tim Duma juga menghadirkan game lempar bola. Bagi pengunjung yang berhasil memasukan 3 bola ke dalam kaca keramik aquarium, pengunjung berhak membawa fincook fry pan 22cm, tanpa biaya apapun.

Pemenang Games di booth DuniaMasak via dok. pribadi

Pemenang Games di booth DuniaMasak via dok. pribadi

Hal yang Menarik dari INACRAFT Tahun Ini

Keistimewaan pelaksanaan INACRAFT pada tahun ini adalah ASEPHI menerbitkan buku sejarah 20 tahun perjalanan INACRAFT. Pada tahun 1999 dengan 120 booth di tahun pertama, hingga saat ini booth telah berjumlah hingga 1300 booth. Selain itu ada special booth dari extended program anggota ASEPHI yang mengikuti Short Course Autralia Award: International Business Readiness for Jawellery design atas dukungan DFAT Autralia.

Bukan hanya itu, dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang juga akan ada acara menampilkan kesenian dan display produk kerajinan hasil kolaborasi antara Indonesia Jepang. ASEPHI  juga memberikan perhatian khusus berupa fasilitas promosi kepada kelompok Baduy Craft Banten dan komunitas diffabel dari Kriya Mata Kuching Bandung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, produk kerajinan yang dipamerkan di INACRAFT akan dinilai oleh 10 orang juri profesional dan diseleksi dengan aplikasi e-judging. Hal ini berguna untuk mendapatkan penghargaan INACRAFT Award dan produk terpilih dari 7 kategori (Cramic, Natural fibres, Textile, Stone, Wood, Metal, dan other natural resources). Selain itu mereka akan didaftarkan pada program World Craft Council Award of Excelence for Handicraft di bawah naungan UNESCO, AHPADA dan World Craft Counci. Ajang Award lainnya seperti  ASEPHI Emerging Award & INACRAFT best booth award.

Baca lainnya  5 Alat Masak yang Selalu Diburu Menjelang Hari Raya

Kegiatan Pendukung

Selain mempunyai target menghadirkan 1.000 buyers, INACRAFT juga menyelenggarakan beberapa kegiatan pendukung, business matching (25 & 26 april 2018), craft workshops yang dapat diikuti oleh seluruh pengunjung dan diselenggarakan selama setiap hari. ASEPHI juga menyelenggarakan seminar bertajuk Wastra Indonesia: The Emerging World fashion identity & deklarasi hologram batik asli bergaransi ASEPHI pada tanggal 26 april 2018. Kegiatan pendukung INACRAFT ditutup dengan kelar kelir workshop bersama museum tekstil indonesia.

ASEPHI sebagai penyelenggara pameran INACRAFT bekerja sama dengan PT. Mediatama Binakreasi menyediakan fasilitas angkutan bagi pengunjung yang ingin ke pameran berupa layanan shuttle bus di beberapa lokasi potensial seperti Smmarecon Mall Bekasi, Senayan City, Margo City, Kuningan City serta Mall Emproium Pluit.

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!