Inilah 6 Jenis Spatula dan Fungsinya!

Jenis spatula via freepik ala tim duniamasak.com

Spatula merupakan salah satu jenis alat masak yang wajib ada di dapur. Pasalnya aktivitas memasak tak luput dari penggunaan spatula, salah satunya untuk membolak-balikkan makanan yang sedang dimasak agar matang merata. Namun, tahukah sahabat Duma bahwa ada jenis spatula dengan fungsi yang berbeda-beda? Yuk kita lihat apa saja itu!

Ternyata Ada Banyak Jenis Spatula!

Alat masak yang satu ini memang menjadi salah satu alat masak yang harus dipersiapkan ketika ingin memulai aktivitas memasak. Kali ini kita akan melihat jenis spatula dengan fungsi yang berbeda-beda. Hal itu akan membuat sahabat Duma dapat memasak dengan tepat dan hasil masakan yang dimasak pun semakin sempurna!

Spatula tipis dan lentur

Spatula silikon via shopee ala tim duniamasak.com
Spatula silikon via shopee

Spatula dengan bentuk yang tipis dengan bahan silikon atau plastik ini sangat cocok digunakan untuk mengaduk adonan kue. Seperti yang kita ketahui spatula ini sangat cocok untuk teknik “aduk lipat” pada pembuatan adonan kue. Dengan tekstur yang lentur juga mampu membersihkan sisa-sisa adonan yang menempel pada wadah.

Baca lainnya  Cari Tahu Minuman Sehat yang Baik Untuk Jantung

Spatula stainless steel

Jenis Spatula ZEBRA Wooden Handle 104310 via Duniamasak.com
Spatula ZEBRA Wooden Handle 104310 via Duniamasak.com

Jenis spatula yang satu inipaling sering kita temukan. Bahkan hampir setiap dapur di rumah kerabat kita pasti memiliki jenis spatula ini. Spatula besi ini berfungsi untuk mengaduk makanan dalam jumlah banyak. Tidak heran kita sering melihat spatula ini digunakan oleh restoran ataupun pedagang seperti pedagang nasi goreng. Namun, kita harus menghindari penggunakan spatula stainless steel apabila wajan yang kita gunakan berlapis keramik ataupun teflon. Karena lapisan pada wajan tersebut akan mudah terkelupas dan rusak jika bersentukan dengan spatula stainless steel.

Spatula datar dan juga lebar

Jenis Spatula TANICA Viva Nylon Turner 229-82 via duniamasak.com
Spatula TANICA Viva Nylon Turner 229-82 via duniamasak.com

Spatula dengan bahan plastik yang tahan panas (nylon) memang sangat cocok digunakan untuk wajan ataupun wadah yang berbahan keramik dan juga teflon. Spatula datar dan juga lebar sangat cocok digunakan untuk memasak telur dadar ataupun omelet. Dengan permukaan spatula yang lebar, tentunya akan lebih mudah untuk membolak-balikkan telur dadar. Spatula ada yang berlubang dan juga tidak, dengan permukaan yang berlubang akan lebih mudah untuk meniriskan makanan yang dimasak.

Baca lainnya  5 Makanan Khas Paskah di Beberapa Negara

Sendok saring

Sendok Saringan ZEBRA Slot Focus 4,5inch 105225 via Duniamasak.com
Sendok Saringan ZEBRA Slot Focus 4,5inch 105225 via Duniamasak.com

Alat masak ini tidak akan asing bagi sahabat Duma pecinta shabu-shabu. Pasalnya sendok saring ini digunakan untuk mengambil isian dari hidangan yang berkuah. Bentuknya mirip sekali dengan sendok sayur, namun dengan lubang-lubang yang dapat memudahkan kita menyaring isian makanan berkuah.

Sendok pasta

Spatula OXONE OX 955 via Duniamasak.com
Spatula OXONE OX 955 via Duniamasak.com

Alat masak ini sering dukana untuk mengambil pasta salah satunya yang berbentuk mie panjang. Dengan bentuknya yang bergerigi dan lubang-lubang dipermukaannya memudahkan kita untuk mengambil pasta agar tidak licin dan jatuh. Selain itu juga dapat meniriskan air rebusan.

Sendok sayur

Sendok Sup ZEBRA Nylon Bakelite Handle Focus 3,5inch 105235 via Duniamasak.com
Sendok Sup ZEBRA Nylon Bakelite Handle Focus 3,5inch 105235 via Duniamasak.com

Spatula ini sangat cocok untuk hidangan berkuah. Karena kita dapat mengambil hidangan berkuah ke dalam mangkuk. Sendok sayur ini juga termasuk mudah ditemukan. Ada yang berbahan stainless steel dan juga nylon.

Bagi sahabat Duma yang sedang mencari spatula, yuk kunjungi Duniamasak.com ada banyak jenis spatula yang dapat sahabat Duma beli loh!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!