Inilah Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan

Manfaat jamur enoki via freepik ala duniamasak.com

Jamur enoki atau yang terkenal dengan nama ilmiahnya Flammulina velutipes merupakan salah satu jamur yang digunakan sebagai obat tradisional di Tiongkok. Sekilas bentuknya mirip sekali dengan tauge lho sahabat Duma! Namun siapa sangka dibalik sebuah jamur enoki ini, ternyata memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Yuk simak manfaat jamur enoki untuk kesehatan!

Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan

Manfaat jamur enoki via freepik ala duniamasak.com
Jamur enoki via freepik

Jamur enoki atau enokitake juga dapat dimasak dan diolah, tidak heran bila kita sering menemukan jamur enoki pada masakan Jepang maupun Korea. Khasiat yang dimiliki jamur enoki memang sangat berlimpah, terlebih lagi jamur ini dapat dimasak maupun dijadikan obat. Berikut ini adalah manfaat jamur enoki untuk kesehatan:

Baca lainnya  Ketahui Fakta Pinata Dalam Perayaan Ulang Tahun di Meksiko

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamur enoki memiliki kandungan protein yang setara dengan sayuran berdaun hijau. Protein yang dimiliki oleh jamur enoki sekitar 1.7 gram. Manfaat dari protein itu sendiri dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Selain protein ternyata jamur enoki memiliki kandungan lain, yaitu serta. Serat yang terkandung dalam jamur enoki sekitar 1.8 gram. Serat sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama pada pencernaan. Serat dalam jamur enoki juga dapat menyeimbangkan pergerakan usus dan menjaga kesehatan usus.

Mengurangi risiko diabetes

Dengan kandungan serat yang terdapat pada jamur enoki, ternyata dapat meningkatkan produksi insulin. Insulin berguna untuk memperlambat gula yang diserap dalam aliran darah. Hal itu secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

Baca lainnya  Tips Meningkatkan Mood Bagi Kamu yang Sering Bad Mood

Mengurangi kolestrol tinggi

Jamur enoki mengandung kolestrol yang rendah sehingga aman dikonsumsi. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki jamur enoki dapat mengontrol korestrol jahat dan juga dapat meningkatkan kolestrol baik.

Mengurangi resiko kanker

Jamur enoki mengandung proflamin, proflamin sendiri memiliki lebih dari 90% protein serta kurang 10% karbohidrat. Dengan demikian proflamin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat dijadikan sebagai pelawan kanker.

Mencegah anemia

Kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut dengan anemia adalah kondisi yang sering terjadi pada setiap orang. Kandungan zat besi yang kaya pada jamur enoki dapat mengurangi risiko anemia.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!