Intip Ragam Tepung dan Kegunaannya Dalam Berbagai Bahan Makanan

Tepung dan kegunaanya via freepik ala tim duniamasak.com

Tepung merupakan sumber protein utama yang menjadi primadona dalam berbagai makanan. Kehadirannya membawa rasa tersendiri namun tidak mengubah cita rasa masakan, meskipun hanya sebagai pendamping. Berbagai macam tepung yang tersedia di pasaran mungkin bisa membantu kalian dalam mengolah bahan makanan agar menjadi hidangan yang mantap dan lezat. Disini, kalian bisa menilik ragam tepung dan kegunaannya dalam berbagai bahan makanan menyesuaikan kebutuhannya.

Tujuh Ragam Tepung dan Kegunaannya

Tepung dan kegunaanya via freepik ala tim duniamasak.com
Ragam Tepung via freepik

Tepung adalah partikel padat namun halus yang berasal dari bahan nabati yang digiling. Tepung bisa berasal dari beras, ketan, gandum, singkong ataupun jagung. Berikut ini beberapa ragam tepung dan kegunaannya .

Tepung Beras

Tepung ini terbuat dari beras yang digiling halus. Tepung beras mengandung sedikit gluten atau kumpulan protein. Tepung ini digunakan sebagai bahan utama penganan atau kue tradisional. Tepung ini juga kerap digunakan sebagai pelapis gorengan agar lebih gurih dan renyah, seperti ayam, tempe goreng dan bahkan rempeyek.

Tepung Terigu

Tepung terigu dibuat dari biji gandum yang dikupas kulitnya dan dihaluskan. Biji gandum digiling sedemikian rupa hingga menghasilkan tepung yang sangat halus. Tepung ini sangat populer digunakan sehari-hari. Sebagai bahan dasar pembuatan roti, kue, mie ataupun biskuit. Terkadang juga digunakan sebagai campuran kulit gorengan, ditambahkan ke dalam tepung beras agar hasil gorengan tidak terlalu keras. Hal ini dikarenakan tepung terigu memiliki kadar gluten yang tinggi sehingga hasil masakan lebih kenyal.

Baca lainnya  17 Agustus Selalu Ada Lomba Makan Kerupuk, Apa Sih Filosofinya?

Tepung Tapioka

Tepung tapioka berasal dari ekstrak pati umbi singkong. Di masyarakat umum, tepung ini lebih dikenal dengan nama tepung kanji atau tepung singkong. Strukturnya yang agak kesat, membuat tepung ini dipergunakan sebagai media perekat, lem makanan atau pengental makanan. Warnanya bening, kental dan agak lengket bila dipanaskan. Seringnya digunakan dalam campuran bakso untuk merekatkan bahan-bahan dasarnya.

Tepung Maizena

Tepung maizena merupakan tepung yang berasal dari endosperma jagung. Tekstur tepung ini lebih halus dan lembut seperti tepung terigu. Tepung ini biasanya digunakan sebagai tambahan pada tepung terigu atau bahkan sebagai pengganti untuk mendapatkan tekstur makanan yang pas. ย Namun, pada penggunaannya tidak disarankan untuk memakai terlalu banyak karena akan menyebabkan makanan menjadi cepat basi karena jagung diketahui memiliki kadar keasaman yang agak tinggi.

Baca lainnya  Kenali Wajan dan Penggorengan Serta Kegunaannya Berikut Ini

Tepung Ketan

Tepung ini berasal dari ketan putih atau ketan hitam yang ditumbuk sampai halus. Teksturnya lebih kental dari pada tepung beras. Tepung ini biasa digunakan dalam pembuatan makanan yang kenyal seperti onde-onde, wingko dan lain-lain.

Tepung Hunkwe

Tepung yang satu ini berasal dari kacang hijau yang dihaluskan. Tepung ini mempunyai tekstur yang halus dan menghasilkan adonan yang lentur dan makanan yang kenyal. Namun, tepung ini memiliki kekenyalan yang lebih rendah dibantingkan tepung ketan. Biasanya digunakan untuk membuat makanan yang agak kenyal seperti pudding atau cendol.

Tepung Panir

Tepung ini dibuat dari roti kering yang ditumbuk halus. Dipakai sebagai pelapis makanan yang akan digoreng untuk memberikan kesan renyah dan gurih. Tepung ini memiliki tekstur yang kasar, biasanya digunakan pada kue seperti kroket dan risoles.

Dengan memahami bahan dasar dan kegunaan tepung, kalian akan lebih mudah mengkolaborasikan tepung dalam masakan. Tepung dapat kalian gunakan sebagai pengempuk, perekat dan lainnya. Demikianlah beberapa tepung dan kegunaannya yang bisa kalian pelajari. Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam kegiatan memasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!