Jangan Salah! Inilah Perbedaan TBM, SP, dan Ovalet

Perbedaan TBM SP dan Ovalet via freepik ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma, saat membuat kue tentunya kita akan dihadapkan pada pilihan cake emulsifier. Seperti yang kita ketahui bahwa cake emulsifier sendiri digunakan sebagai pengemulsi atau salah satu bahan yang dapat menyatukan kue. Cake emulsifier memang tidak sekuat baking powder, namun bahan-bahan itu juga dapat mengembangkan kue. Ada tiga jenis cake emulsifier yang beredar di pasaran, berikut ini adalah perbedaan TBM, SP, dan Ovalet.

Apa sih Perbedaan TBM, SP, dan Ovalet?

Perbedaan TBM SP dan Ovalet via freepik ala tim duniamasak.com
Perbedaan TBM SP dan Ovalet via freepik

Walaupun ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama bertujuan untuk melembutkan kue. Ternyata ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Memang benar bahwa kita dapat menggunakan kuning telur untuk mengasilkan kue yang lembut. Namun, selain kuning telur ternyata kita dapat menggunakan cake emulsifier. Selain lebih hemat, rupanya telur mengandung lemak yang tinggi dibandingkan cake emulsifier. Dibawah ini adalah perbedaan TBM, SP, dan Ovalet:

Baca lainnya  Merawat Blender Biar Awet? Begini Caranya!

TBM

TBM biasanya digunakan untuk pelembut kue, perbedaannya TBM memiliki komposisi yang lebih banyak dibandingkan dengan ovalet. Fungsi penggunaannya pun adalah untuk memperbaiki tekstur adonan. Apalagi bila adonan mentega dan gula telah mengembang, sahabat Duma dapat memanfaatkan TBM ini.

SP

Penggunaan SP biasanya diperuntukkan untuk bahan makanan yang memerlukan telur kocok yang mengembang kaku. Dengan penambahan SP adonan menjadi lebih stabil dan tidak mudah turun dan dapat menyatu. Kandungan SP adalah berasal dari produk hewani. Selain itu ada juga kandungan kimia seperti asam strearat, oleic, dan palmitic.

Ovalet

Ovalet digunakan untuk mlemebutkan kue dan agak basah. Jika kita menambahkan ovalet kedalam mentega dan telur, maka ketiganya dapat tercampur secara merata. Ovalet mengandung asam lemak hewani atau tumbuhan.

Baca lainnya  Pengaruh Kopi Bagi Kesuburan Pasutri, Penting untuk Dibaca!

Umumnya ketiga bahan tersebut dapat sahabat Duma gunakan tergantung kebutuhan. Penggunaannya pun relatif sama. Satu sendok teh cake emulsifier untuk lima butir telur. Beberapa orang masih meragukan apakah cake emulsifier ini halal atau tidak, maka dari itu saran Duma pastikan cake emulsifier yang sahabat Duma beli ada logo halal dalam kemasannya. Kira-kira mana cake emulsifier favorit sahabat Duma?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!