Jangan Terlalu Sering Menggoreng, Berikut Cara Masak Sehat Lainnya

Masak Sehat dengan Direbus via freepik.com

Tim DuniaMasak kali ini akan membahas soal kebiasaan kita mengolah makanan sehari-hari. Bukan hanya kualitas bahan pangan, cara memasak juga menentukan kesehatan seseorang lho. Jika kamu terlalu sering mengolah makanan dengan cara digoreng, sebaiknya kurangi intensitas mengolah makanan dengan cara tersebut. Cara memasak yang tidak memerlukan penambahan lemak dan tidak meningkatkan jumlah stress oksidatif, tentu lebih menyehatkan. Kamu bisa memulai masak sehat dengan cara merebus agar lebih efisien dan menyehatkan.

 

Makanan digoreng? Jangan terlalu sering ya via Tribunnews.com

Makanan digoreng? Jangan terlalu sering ya via Tribunnews.com

Yuk Mulai Masak Sehat Dari Sekarang!

Menurut riset terbaru dalam jurnal diabetes care, memasak dengan cara kukus atau rebus merupakan metode tersehat. Cara memasak ini, membantu tubuh melawan diabetes. Kandungan minyak dalam proses menggoreng bisa memicu berat badan bertambah. Kentang goreng, mie goreng, nasi goreng merupakan deretan makanan yang menggoda dengan cara pengolahan digoreng. Makanan tersebut membuat kadar kolesterol dan gula darah meningkat.

Salah satu dokter spesialis, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpKG mengatakan makanan dengan pengolahan digoreng tidak sehat jika dikonsumsi dalam waktu lama dan banyak karena padat kalori. Banyaknya kalori yang dikonsumsi, tetapi tidak sesuai dengan kalori yang dibuang melalui aktivitas berat atau olahraga dapat menyebabkan berat badan naik.

Baca lainnya  Cara Menggunakan Kulkas Showcase Agar Tahan Lama & Produkmu Tertata Rapi

Selain itu makanan gorengan juga menyebabkan penyakit-penyakit lain seperti :

1. Nyeri Dada

Nyeri dada via aromahq.com

Nyeri dada via aromahq.com

Nyeri dada atau heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada terutama saat dalam posisi berbaring atau membungkuk. Heartburn disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke Esophagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung).

2. Tukak lambung (Ulcer)

Tukak lambung merupakan luka yang terjadi di bagian dalam lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan. Gorengan menjadi salah satu penyebab munculnya rasa nyeri di perutmu.

3. Gangguan Pencernaan

Merasa tidak nyaman di perut merupakan gejala dari adanya gangguan di pencernaan. Walaupun gangguan perut ini bukan masalah kesehatan yang sangat serius tetapi sangat umum dialami banyak orang. Gangguan pencernaan terjadi karena makanan berlemak yang sangat asam dan berat pada perut.

Baca lainnya  Berikut Cara Menghemat Listrik untuk Kulkas 1 Pintu!

4. Kanker Usus

Mengkonsumsi gorengan terlalu sering dapat merusak dinding usus. Kanker usus besar adalah suatu keganasan di dalam usus besar. Biasanya kanker usus ini lebih banyak menimpa kaum laki-laki. Beberapa gejala yang mengawali penyakit kanker usus ini adalah: penurunan berat badan, jika selesai BAB perut masih terasa penuh, sering muncul rasa sakit atau kembung di perut.

Nah, bagaimana sahabat Duma? Sebaiknya kurangi ya mengkonsumsi masakan yang digoreng! Mulailah mengonsumsi makanan sehat dengan cara direbus atau dikukus.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!