Jenis-Jenis Nasi Yang Eksis Banget di Indonesia

Share artikel ini:

Aneka Resep Nasi via: https://simomot.com

Nasi memang sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, ada yang bilang belum makan rasanya kalau gak ada nasinya, sebanyak apapun makanannya kalau gak ada nasi pasti akan cepat lapar lagi, yah seperti itulah mitosnya

Kalau kamu termasuk yang seperti itu apa tidak? Nasi ini ga cuma ada nasi putih loh, ada banyak makanan dengan bahan baku nasi yang eksis banget di Indonesia, kita ambil contoh saja nasi goreng, siapa yang gak kenal makanan gurih satu ini? Selain nasi goreng ada banyak lagi nih makanan dengan bahan baku nasi yang dijamin enak banget! Mau tau apa aja? Lihat yuk, apa saja nasi yang eksis banget di Indonesia serta bagaimana cara membuatnya

  1. Nasi Uduk

    Nasi Uduk via: http://2.bp.blogspot.com

Urutan pertama Nasi Uduk! Masyarakat Indonesia pasti udah ga asing lagi nih sama nasi gurih yang satu ini! Nasi ini cuma ada di Indonesia loh! Bahkan di beberapa daerah Nasi Uduk ini cuma ada di pagi dan malam hari doang, nasi uduk ini enak banget nih kalo makannya sama gorengan, apalagi pecel lele/ayam yang dipadukan dengan nasi uduk pasti bakalan makin nikmat! Mau tau gak cara buat nasi uduk? Gak susah kok buatnya

  • Bahan yang perlu disiapkan :
  • 1/2kg beras
  • 600cc santan dan 1 butir kelapa yang sudah tua
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok ketumbar bubuk atau butir
  • Cara Membuat :
  • Masak beras sampai setengah matang kurang lebih 30menit lalu masukkan ke dalam panci
  • Didihkan santan lalu campurkan semua bahan dan bumbu yang telah disiapkan
  • Setelah mendidih tuangkan adonan santan beserta bumbu tadi pada beras sekitar 1 ruas jari diatas beras
  • Masak beras tadi di kompor dengan api kecil sampai santan dan bumbunya meresap
  • Kukus kembali nasi sampai matang dan siap untuk disajikan

2. Nasi Kuning

Nasi Kuning via: http://www.kulinersehat.com

 

Nasi Kuning sudah menjadi bagian dalam khasanah kuliner Nusantara, khususnya daerah Jawa, nasi kuning ini idientik banget sama perayaan atau selametan ya, biasanya nasi kuning ini dibentuk dalam bentuk tumpeng dan disajikan dengan orak arik tempe serta irisan telur dan emping yang menjadi ciri khas dari makanan ini, cara buat nasi kuning ini juga gampang loh

  • Bahan yang dibutuhkan :
  • 1 liter beras
  • 1 bungkus santan instan
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun salam
  • Bahan yang dihaluskan :
  • 2 siung bawang merah & 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • Penyedap rasa dan garam secukupnya
  • Cara Membuat
  • Masukan beras ke dalam rice cooker dan tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, santan dan air secukupnya
  • Masukan salam, daun serai serta tambahkan penyedap rasa secukupnya
  • Aduk beras, air dan bumbu hingga rata
  • Nyalakan rice cooker dan tunggu hingga nasi berubah menjadi kuning dan matang otomatis

3. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli via: http://www.depoknews.id

 

Nasi yang satu ini rada mirip sama nasi kuning nih, bedanya nasi ini memiliki rasa gurih karena nasinya sudah dibumbui terlebih dahulu, selain itu di dalam nasi kebuli ini juga ditambah dengan daging kambing yang membuatnya semakin gurih, kamu penasaran sama cara membuatnya?

  • Bahan yang dibutuhkan :
  • 1kg beras pulen, cuci dan tiriskan
  • 300gram daging kambing potong-potong
  • 750ml susu cair atau santan
  • 150gram bawang bombay, cincang
  • 1/2 butir biji pala, memarkan
  • 10cm kayu manis
  • 4 sendok makan margarin/minyak samin
  • 500ml air
  • 8 butir kapulaga
  • 5 butir cengkeh
  • Bahan yang dihaluskan :
  • 1/2 sendok teh merica butiran, sangrai
  • 1 1/2 sendok makan ketumbar, sangrai
  • 10 butir bawang merah & 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 4cm jahe
  • Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus bersama minyak samin/mentega diaduk hingga harum, masukan kayu manis, cengkeh, dan kapulaga lalu aduk
  • Masukan daging kambing, aduk hingga kaku. tambahkan air lalu masak hingga daging kambing hampir lunak dan kuah habis lalu angkat
  • Kukus beras selama 30menit hingga setengah matang, angkat. Lalu masukkan beras ke dalam panci, tuangi susu atausantan, jerangkan di atas api sambil aduk rata. Tambahkan daging kambing tumis, aduk rata hingga susu/santan habis lalu angkat
  • Kukus selama 30menit hingga matang lalu angkat, dan nasi kebuli siap untuk dinikmati

4. Nasi Tim

Nasi Tim via: http://www.royco.co.id

 

Manis dan Gurih, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan cita rasa dari Nasi Tim ini, nasi ini cocok banget dinikmati sebagai menu sarapan kalian, cara buatnya juga gak susah kok

  • Bahan Untuk Tumisan Ayam :
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 6 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian
  • 200 gram jamur kancing, potong-potong
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Bahan Untuk Nasi :
  • 1250ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 500 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Bahan Untuk Kuah :
  • 1 1/2 liter kaldu ayam
  • 2 sendok makan tumisan bawang putih, cincang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Cara Membuat :
  • Siapkan mangkuk tahan panas untuk mengetim nasi, olesi dengan minyak goreng
  • Tumisan Ayam : Panaskan minyak goreng bersama minyak wijen, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Masukkan kecap manis, kecap asin, garam, dan merica masak hingga ayam matang dan bumbu meresap
  • Masukkan jamur, masak sebentar lalu angkat. Bagi menjadi 6 bagian, sisihkan
  • Kuah : Didihkan kaldu, masukkan tumisan bawang putih, garam, dan merica. Setelah mendidih taburi dengan irisan daun bawang, angkat
  • Nasi : didihkan kaldu, masukkan beras, garam, dan minyak goreng, masak hingga air menyusut dan menjadi nasi aron, angkat. Bagi menjadi 6 bagian
  • Ambil satu mangkuk, masukkan tumisan ayam, lalu nasi dan padatkan. Kukus dalam Panci pengukus selama 30menit hingga matang. Angkat
  • Nasi Tim siap untuk disajikan!

5. Nasi Bakar

Nasi Bakar via: http://nowbali.co.id

Biasanya kita menyantap nasi bakar di angkringan nih, nasi ini memang terasa sangat gurih dengan porsi yang tidak terlalu besar seperti lontong, kalau kamu ingin membuatnya untuk cemilan caranya sangat mudah

  • Bahan Yang Perlu Disiapkan :
  • 4 siung bawang merah, iris hingga halus
  • 2 sendok makan ikan teri
  • 2 batang serai, putihnya saja di memarkan
  • Daun pisang untuk membungkus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 300gram beras pulen
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 liter air biasa/air santan
  • Bahan Pelengkap :
  • Ayam goreng
  • Bawang goreng
  • Kemangi
  • Kerupuk
  • Irisan timun
  • Irisan telur rebus
  • Tempe/tahu goreng
  • Cara Membuatnya :
  • Tumis bawang merah dan cabai sampai harum. Lalu tambahkan air atau air santan (pilih salah satu saja), serai, daun salam, ikan teri, penyedap rasa, gula pasir. Aduk terus hingga mendidih
  • Masukkan beras, aduk hingga merata. Kemudian tutup wajan dan masak kurang lebih 30 menit menggunakan api kecil saja hingga matang
  • Matikan api dan diamkan kurang lebih 10 menit. Ambil nasi tersebut dan bungkus pada daun pisang seperti lontong
  • Kemudian bakar hingga matang, kira-kira jangan sampai daun pisangnya gosong. Dan Nasi Bakar sudah siap untuk disajikan

Itu dia tadi nasi-nasi yang eksis banget di Indonesia, udah ada niat untuk bikin salah satunya belum? Atau sudah niat ingin bikin tapi belum ada peralatannya? Tenang aja kamu tinggal kunjungi DuniaMasak.com dan dapatkan penawaran menarik dari berbagai macam peralatan masak berkualitas.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya sobat DuMa, jangan lupa juga untuk Follow kita di Instagram @duniamasakid 🙂

Share artikel ini:
Baca lainnya  Resep Jus Mentimun Lemon, Minuman Diet Sehat

Yuk bahas artikel ini!