Jenis Pepes dari Berbagai Daerah, Jangan Salah Sebut!

Jenis Pepes dari Berbagai Daerah, Jangan Salah Sebut! VIA ORAMI.CO.ID ALA TIM DUNIAMASAK.COM

Pepes adalah metode memasak kuno dan menjadi salah satu masakan terkenal di Indonesia yang sangat populer di Sunda serta memiliki cerita unik tersendiri. Pepes di Indonesia pernah sangat terkenal di kalangan masyarakat perkebunan di seluruh dunia. Tradisi memasak makanan dengan bungkus daun telah ada selama berabad-abad, dan terus memiliki daya tarik hingga saat ini. Nah setiap daerah tentunya memiliki masakan khas yang mirip dengan pepes dengan nama yang berbeda. Coba yuk cari tahu jenis pepes dari berbagai daerah!

Cari Tahu Jenis Pepes Yuk!

Jenis Pepes dari Berbagai Daerah, Jangan Salah Sebut! pepes ikan via fimela.com ala tim duniamasak.com
Pepes ikan via fimela.com

Jika pepes identik dengan masakan khas Sunda yang dibungkus dengan daun pisang, maka tidak ada alasan untuk berpikir bahwa pepes ini tidak akan enak. Hal tersebut karena hidangan lezat ini dapat dibuat dengan ikan atau tahu, yang disempurnakan dengan tambahan daun kemangi. Seperti daerah lain yang punya masakan khasnya sendiri, maka pepes juga memiliki nama yang berbeda. Ini adia jenis pepes yang sahabat Duma harus ketahui:

Baca lainnya  Tips Memilih Kemasan Produk untuk Usaha

Tum ayam

Jika pepes umumnya dibungkus seperti lontong, maka model pembungkus tum ayam sesuai dengan namanya yaitu ditum. Tum ayam terbuat dari ayam tanpa tulang. Pepes adalah makanan khas Bali yang tidak berbau daun kemangi. Ini menjadikannya pilihan favorit bagi mereka yang tidak ingin berbau seperti basil.Namun, Tom Ayam tetap enak karena kaya akan bumbu, dan kuah santan yang kental membuat ayam Tom Ayam memiliki cita rasa kelezatan yang berbeda.

Pendap

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang yang berupa pepes. Pendap terbuat dari ikan laut seperti makarel dan kakap merah. Bumbu khas Pendap memberikan pengalaman rasa yang tiada tara. Sebelum adonan pepes dibungkus dengan daun pisang, pendap terlebih dahulu dibungkus dengan daun talas, yang biasanya disiapkan sekiatar sepuluh lembar.

Pais patin

Pais patin merupakan makanan pepes yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ini adalah makanan favorit masyarakat Banjar. Seperti halnya memanggang bada palai, maka proses pais patin pun hampir identik dengan memanggangnya. Hanya saja pais patin diawali dengan mengukus sementara di dalam panci.

Baca lainnya  Oleh-oleh Khas Arab Saudi yang Paling Banyak Diminati, Apa Saja Ya?

Ikan bungkus

Di Papua, ikan bungkus adalah hidangan populer yang terbuat dari ikan segar. Ini adalah cara sederhana namun lezat untuk menikmati hidangan laut. Berbeda dengan pais patin yang dipotong menjadi beberapa bagian, ikan bungkus ini biasanya dibuat dari ikan utuh kemudian diolah dengan bumbu dan bahan lainnya. Hasil laut Papua termasuk yang terbaik di dunia, ini menjadikannya yang baik untuk disantap.

Langga roko

Pernahkah sahabat Duma mendengar jenis pepes yang satu ini? Langga roko adalah pepes yang sangat digemari di Sulawesi. Langga roko unik karena ditambahkan parutan kelapa untuk membuat pepes lebih bertekstur saat dikunyah. Apakah sahabat Duma pernah mencobanya?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!