Juwita Mengawali Karir Sejak Dini Secara Otodidak

Juwita Tan sebagai dumakartini 2019

Kali ini tim duniamasak mewawancarai #dumakartini selanjutnya yaitu Juwita. Seorang professional baker ini mengawali karirnya dari uji coba kue secara otodidak pada umur 16 tahun.Wah sangat inspiratif bukan? Nah ikuti kisah lengkapnya di bawah ini yuk sahabat duma!

Juwita dan Cerita Lainnya

Masakan Juwita Tan dok. Instagram @juwitacc
Masakan Juwita dok. Instagram @juwitacc

Menjadi seorang ibu rumah tangga membuat aktifitas Bunda Juwita sehari-hari sama seperti ibu rumah tangga pada umumnya yaitu melakukan tugas rumah, memasak dan mengurus segala keperluan keluarga. Ia mulai melakukan aktifitas dari pagi hari sebelum anggota keluarga berangkat kantor hingga sore hari pulang kantor. Semua itu ia lakukan sendiri tanpa bantuan dari asisten rumah tangga. Karena ia merasa bahagia bisa mengurus keluarganya sendiri. Baginya keluarga adalah segalanya.

Awal mula cerita terjun ke dunia baking

Semenjak kecil ia telah tertarik pada dunia baking. Tepatnya pada usia 16 tahun Bunda Juwita memberanikan diri untuk mencoba belajar baking secara otodidak tanpa melalui proses formal pendidikan baking maupun melalui kursus-kursus baking.

Beruntungnya saat pertama kali mencoba baking tersebut ia berhasil. Hal itulah yang menjadikan faktor utama pemicu semangatnya untuk mencoba resep-resep lainnya. Memang tidak semua percobaan resep baru yang ia buat berhasil. Kegagalan juga sering ia alami dari kue bantat hingga tak berbentuk. Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat dan mundur, malah ia merasa tertantang untuk terus mencoba lagi hingga berhasil. Nah sejak saat itulah dunia baking telah menjadi bagian dari hidupnya.

Support keluarga saat memulai karir di dunia baking

Bunda Juwita bercerita pada awalnya ia sangat tidak percaya diri untuk memulai karir di dunia baking. Karena ini semua hanya bermula dari hobi baking, dan kemudian hasilnya ia foto, upload dan share resep ke teman-teman Instagram. Setelah beberapa waktu berlalu dan ia pun mulai dikenal oleh kalangan baking di Instagram, lalu datang banyak tawaran dan ajakan dari penerbit kepada Bunda Juwita untuk menulis buku resepnya sendiri. Memang awalnya beberapa tawaran tersebut sempat ia tolak namun belakangan berkat dorongan dari keluarga serta teman-teman Instagram yang secara terus menerus menyemangatinya akhirnya ia menerima juga salah satu tawaran dari penerbit tersebut.

Baca lainnya  Kamu Sakit Gigi? Tenang, Berikut Solusinya!

“Puji Tuhan setelah melalui banyak rintangan akhirnya selesai juga buku resep baking pertama saya yang diberi judul “CAKE FROM MY KITCHEN” Ujarnya dalam sela-sela wawancara dengan tim duniamasak.

Arti baking bagi Bunda Juwita

Masakan Juwita Tan dok. Instagram @juwitacc
Masakan Juwita dok. Instagram @juwitacc

Baking memang sudah menjadi bagian dari hidupnya serta tak bisa terpisahkan. Dan ‘passion’ Bunda Juwita terhadap baking tidak akan pernah padam. Ia sering mengatakan kepada teman-teman ‘bake with love’ yang dimana ia merasa senang dan bangga bisa membuat kue hasil baking sendiri untuk disajikan kepada keluarga. Ia sangat yakin rasa dan kualitas tidak akan kalah dibanding dengan produksi bakery di luar sana, bahkan lebih hygenis.

“ Sentuhan tangan seorang ibu di dapur tidak akan pernah dilupakan dan akan selalu dikenang oleh anak-anaknya”.

Apa saja kunci utama dalam setiap baking

Bunda Juwita mengatakan bahwa yang pertama dalam setiap baking pastinya harus percaya diri, selanjutnya teliti serta menyimak resep, bahan dan step by step tentang cara pembuatan kue dengan benar. Karena satu hal kecil saja terlewatkan bisa berakibat fatal pada hasil akhir kue.

Baca lainnya  Kesalahan dalam Mengukus Kue yang Harus Kamu Hindari

Nah yang terakhir jangan takut gagal dan pantang menyerah. Dalam dunia baking kegagalan adalah hal yang sangat lazim. Jangan takut untuk terus mencoba. Justru dari kegagalan tersebut menjadi pengalaman berharga. Kita jadi mengerti dimana letak kesalahan yang mungkin menyebabkan kegagalan.

“Kegagalan itu hanya sebuah kesuksesan yang tertunda”. Ujar Bunda Juwita.

Resep favorit

Mengintip menu favorit Bunda Juwita. Menu yang menjadi resep favoritnya adalah Puding Lumut. Karena ia merupakan orang pertama yang berbagi resep tersebut di Instagram dan pada pertengahan tahun 2016 sempat sangat popular dan menjadi resep yang paling banyak di re-cook, re-share dan re-post di Instagram bahkan hingga saat ini masih berseliweran di Instagram. Yang paling membuatnya bahagia adalah melalui resep Puding Lumut ini beberapa teman-teman Instagram hingga bisa membuat sedikit usaha sendiri bahkan hingga ada yang berpenghasilan guna menambah uang saku atau uang belanja dapur karena resepnya ini. Sangat menginspiratif ya sahabat duma! Kamu bisa intip resep-resep andalan lainnya dari Bunda Juwita di instagram pribadinya @Juwitacc ya.

Kesan Bunda Juwita Terhadap Dunia Baking Indonesia

Dunia baking Indonesia saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Dan banyak sekali baker-baker handal yang kreatif dengan memadukan kue jajan pasar tradisional dengan cake modern. Seperti yang sedang trend saat ini yaitu Klepon Cake. Harapan Bunda Juwita kedepan adalah walaupun saat ini banyak sekali beredar resep-resep kue modern baik yang asli maupun hasil modifikasi,

“kita harus menjaga dan mempertahankan resep asli kue tradisional Indonesia dari leluhur kita.”

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!