Kenali 4 Tekstur Kopi Bubuk dan Metode Penyeduhannya

info tekstur kopi bubuk dan metode penyeduhan via freepik ala duniamasak

Sebelum menikmati secangkir kopi, ada beberapa tahap proses yang harus dilewati. Mulai dari menggiling biji kopi hingga menjadi bubuk kemudian baru bisa diseduh dan disajikan. Nah, ternyata tekstur bubuk kopi pun berbeda-beda. Mulai dari yang kasar hingga yang paling halus. Hal ini juga akan mempengaruhi metode penyeduhannya. Yuk kenali 4 tekstur kopi bubuk dan tata cara menyeduhnya ala Duniamasak.com!

Tekstur Kopi Bubuk dan Penyeduhannya

Manfaat kopi jamur via freepik ala tim duniamasak.com
Kopi via freepik

Extra Coarse

Karakteristik kopi bubuk pertama yang paling kasar adalah extra coarse. Teksturnya mirip dengan garam yang kasar bahkan masih bisa terlihat potongan-potongan biji kopi di antara bubuk kopi yang telah berhasil digiling. Untuk penyeduhannya, dapat dilakukan dengan metode cold brewed coffee dan cowboy style coffee. Cowboy style coffee adalah cara menyeduh kopi yang terbilang paling mudah untuk tekstur extra coarse; cukup dengan menyiapkan kopi, air, dan api.

Baca lainnya  Jangan Minum Susu Terlalu Sering, Berikut Efeknya!

Coarse

Karakteristik kopi bubuk yang kedua adalah coarse. Teksturnya berupa butiran kasar yang mirip garam kosher. Untuk penyeduhannya, bisa menggunakan french press sehingga kopi bisa lebih mudah menyatu dengan air serta tidak ada bubuk kopi yang mengendap.

Medium Fine

Karakteristik kopi bubuk yang ketiga adalah medium fine. Mempunyai karakteristik tekstur yang halus seperti pasir halus. Untuk cara penyeduhannya, paling cocok menggunakan cone-shaped pour over dan aero press dengan durasi 2-3 menit.

Fine

Karakteristik kopi bubuk yang terakhir adalah fine atau juga yang dikenal dengan nama finely ground coffee dan espresso grind. Tekstur ini yang paling banyak ditemui di kedai kopi maupun saat menyeduh di rumah sendiri. Teksturnya sangat halus mirip tepung. Untuk cara penyeduhannya, bisa dengan metode manual brew, menggunakan mesin espresso, dan juga bisa langsung diseduh dengan air hangat.

Baca lainnya  Ingin Berkebun Buah di Lahan yang Sempit? Berikut Tipsnya!

Berikut 4 tekstur kopi bubuk dan cara penyeduhannya yang paling menjadi favorit para coffee lovers. Dengan mengetahui informasi diatas, diharapkan dapat bisa lebih menikmati kopi dengan nyaman. Sesuaikan dan cocokan alat atau mesin kopi yang telah dimiliki dengan tekstur kopi yang disukai ya 😀 Selamat mencoba!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!