Kesalahan dalam Mengukus Kue yang Harus Kamu Hindari

Mengukus Kue via uzone.id

Sahabat duma, bagi kamu pembaca setia jurnal DuniaMasak, mungkin kamu sudah pernah membaca artikel seputar membuat kue dan istilah baking, nah kali ini tim duma ingin mengulas lebih rinci seputar mengukus kue. Karena sebenarnya mengukus kue bisa gagal jika kamu menyepelekan hal-hal berikut.

Hindari Hal Berikut dalam Mengukus Kue

Mengukus kue via www.pexels.com

Kue kukus via www.pexels.com

Tidak Memperhatikan Kesegaran Bahan

Kue akan terlihat lebih cantik sekaligus lebih enak dengan bahan-bahan terbaik. Bukan berarti mahal ya, tapi pastikan kamu mengecek kesegaran bahan-bahan kue mulai dari telur, tepung, gula, mentega/margarin, susu, bahan pengembang, dan bahan-bahan tambahan lain. Untuk bahan-bahan dalam kemasan seperti susu, bahan pengembang, coklat masak, dan sebagainya, perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasannya. Selain itu, pastikan untuk menyimpannya secara tepat atau belilah dalam porsi kecil seperti misalnya susu yang tak bisa tahan lama jika kemasannya sudah terbuka.

Baca lainnya  The True Indonesian Flavor Hanya di Plataran Dharmawangsa & Plataran Menteng

Bahan Kue Belum Mencakup Suhu Ruang

Biasanya kita menyimpan bahan kue yang rentan seperti susu, mentega, dan telur dalam kulkas. Namun karena tak sabar, kita mengeluarkan bahan-bahan tersebut dan langsung mencampurkannya dalam adonan. Atau kalaupun sudah didiamkan dalam suhu ruang, bahan-bahan tersebut masih terasa agak dingin. Ternyata, perbedaan suhu bahan-bahan ini sangat berpengaruh pada hasil kue, lho. Ketika dipanggang atau mengukus kue, suhu bahan yang tak sama ini bisa gagal mematangkan kue dengan sempurna. Namun, poin ini bisa jadi pengecualian untuk jenis kue yang memang membutuhkan bahan dingin seperti puff pastry dan pie crust. Kedua jenis kue ini memang membutuhkan mentega dingin agar hasil akhirnya padat.

Oven atau Panci Kukus Belum Cukup Panas

Mengukus kue dengan Microwave Oven Fotile via duniamasak.com

Microwave Oven Fotile via duniamasak.com

Jika kamu mencoba memasukkan kue sebelum oven benar-benar panas, hasilnya, kue akan mengembang lebih lama atau malah tidak mengembang sama sekali. Sebab, adonan kue perlu menyesuaikan suhu yang berubah secara drastis, yakni dari suhu rendah ke suhu tinggi. Agar proses kukus atau panggang berjalan baik, panaskan oven atau panci terlebih dahulu. Pastikan benar-benar panas sebelum memasukkan loyang adonan. Panci kukus yang panas akan mengeluarkan banyak uap ketika kamu membuka tutupnya dan terdengar suara air mendidih, sedangkan untuk oven bisa dicek saat kamu membuka tutupnya.

Baca lainnya  Resep Es Krim Goreng Kayu Manis Mangkuk Tortilla: Praktis Buat Sendiri di Rumah

Sering Buka-tutup Oven atau Panci Kukus

Ketika menunggu kue matang, rasanya memang tidak puas kalau hanya mengintip dari kaca tutup panci atau kaca oven. Tapi ternyata, rasa tidak sabaran ini bisa membuat kue yang dipanggang atau dikukus tak matang sempurna. Udara luar yang masuk ke dalam media panggang atau kukus bisa mengubah temperaturnya, lho. Kalau terlalu sering dibuka, bisa-bisa suhu panggang atau kukusnya menurun (tak sesuai resep). Jadi, sebaiknya tahan kebiasaan ini agar kue bisa sesuai yang kamu harapkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!