Kesalahan Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas yang Sering Dilakukan

Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas via Merdeka.com
Share artikel ini:
Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas via Merdeka.com

Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas via Merdeka.com

Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas merupakan solusi praktis. Ya, bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas memiliki umur simpan yang lebih panjang. Kualitas bahan makanan pun bisa Anda jaga tetap optimal. Namun, ternyata ada kebiasaan yang sering Anda lakukan yang bisa menurunkan kualitas bahan makanan. Apa sajakah itu? Yuk, simak informasinya berikut ini.

  1. Tidak Memerhatikan Suhu Penyimpanan
    Suhu di dalam kulkas sebaiknya Anda set 1″C lebih rendah dari suhu yang dianjurkan. Hal ini untuk menjaga kualitas bahan makanan Anda tetap terjaga.
  2. Tidak Menyimpan di Wadah yang Tepat
    Kulkas memiliki sifat yang mampu membuat bahan makanan terdehidrasi. Artinya, ia mampu menyerap kandungan air yang ada di dalam bahan makanan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyimpan di dalam wadah yang tepat untuk menjaga kualitas bahan makanan Anda.
  3. Menyimpan Makanan Terlalu Banyak
    Bahan makanan yang terlalu padat membuat sirkulasi udara di dalam kulkas kurang optimal. Pendinginan bahan makanan pun tidak bisa dilakukan secara optimal. Selain itu, saat isi kulkas terlampau penuh, kulkas melakukan ‘kerja ekstra’ untuk menjaga sirkulasi udara dan suhu di dalam kulkas tetap terjaga.
  4. Mencampur Semua Jenis Makanan
    Jangan menyimpan makanan mentah dan matang dalam satu rak yang sama, karena dapat saling mengontaminasi. Rak pertama bisa Anda gunakan untuk menyimpan roti, keju (lembaran), dan makanan yang akan dihangatkan kembali. Rak kedua bisa digunakan untuk menyimpan susu, keju (keras), telur, dan yoghurt. Sementara rak ketiga bisa Anda gunakan untuk menyimpan buah dan sayur. Daging yang akan Anda olah, sebaiknya diletakkan pada rak paling dasar agar tidak mengontaminasi makanan lain.
  5. Menyimpan Makanan Panas-Panas
    Makanan yang disimpan selagi panas sebenarnya tidak akan menurun kualitasnya. Hanya saja, ini tidak akan baik untuk kulkas Anda. Kulkas membutuhkan tenaga ekstra untuk mengembalikan suhu di dalam kulkas. Selain itu, jika makanan diletakkan pada wadah yang besar. Ia bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi bakteri-bakteri yang ada di dalam kulkas. Jadi, sebaiknya dinginkan masakan Anda terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas.
Baca lainnya  Bunda Baru Melahirkan? Yuk, Intip Cara Memilih Kulkas untuk Menyimpan ASI!

Nah, selain cara di atas, ada pula bahan makanan yang tidak boleh disimpan di lemari es. Beberapa bahan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas, yaitu: minyak goreng, madu, kentang, bawang merah, dan bawang putih.

Demikian informasi kami tentang kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan bahan makanan di dalam kulkas. Semoga Anda tidak melakukannya. Selain dapat mengurangi ‘umur’ kulkas, kualitas bahan makanan pun bisa menurun.

 

 

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!