Ketahui Cara Memasak Udang Dengan Benar

Cara memasak udang via freepik ala duniamasak

Makanan laut atau yang biasa dikenal dengan seafood sangatlah digemari oleh banyak orang. Berbagai macam makanan yang dapat dicicipi seperti ikan, cumi, kerang, udang, dan lainnya. Nah, kali ini Duma ingin membahas tentang udang. Makanan ini disukai karena memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang kenyal dan lembut. Apalagi variasi cara memasak udang juga cukup beragam, mulai dari dimasak begitu saja sebagai bahan utama ataupun dicampur dengan bumbu dan bahan lain yang akan meningkatkan cita rasa dagingnya. Namun, tahukah bahwa sebenarnya cara memasak udang bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu diketahui bahwa udang sangat penting diolah dengan benar agar tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mau tau caranya? Yuk, simak dibawah ini:

Cara Memasak Udang

Pilih udang yang segar

Ketika membeli udang, pilihlah udang yang masih segar. Udang yang masih segar memiliki karakteristik aroma khas, warna tidak pucat alias segar, dan tekstur masih keras. Jangan membeli saat kepala udang sudah hampir putus. Pilihlah udang yang masih utuh dari ujung ekor hingga kepala.

Udang via freepik ala duniamasak
Udang via freepik

Bersihkan udang dengan sempurna

Setelah membeli udang, bersihkanlah dengan baik dan pertama-tama dengan cara dikupas. Pegang udang dengan kepala ada di tangan kanan, kemudian pisahkan kepalanya tepat di antara kepala dan badan. Jika kepala sudah terlepas, bersihkan seluruh kulitnya. Ketika ingin menghidangkan udang untuk anak-anak, sebaiknya buang ekornya agar menghindari tersedak. Jika ingin tampak cantik, jagalah kepalanya agar tetap utuh. Setelah itu, waktunya membersihkan seluruh bagian udang. Hal ini perlu sangat diperhatikan karena jika tidak dibersihkan benar maka dapat beracun dan menimbulkan bau amis. Cara membersihkan udang dengan benar adalah belah sedikit bagian punggung udang lalu hilangkan kotoran yang berbentuk tali warna hitam pada punggung udang. Kemudian, cuci udang dengan air bersih yang mengalir. Bisa menjadi opsi memberi sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada udang.

Baca lainnya  Resep Es Krim Durian Lembut Banget Bikin Nagih!

Masak udang dengan cara yang tepat

Ketika ingin memasak udang dengan cara digoreng atau ditumis, pastikan minyak sudah panas di wajan. Jika ingin menggoreng udang, pastikan hanya dengan beberapa tetes minyak saja dan jangan sampai terendam. Sedangkan jika ingin memasak udang dengan cara direbus, pastikan air sudah mendidih dan tambahkan sedikit garam lalu tutup panci. Perlu diingat bahwa sebenarnya proses memasak udang harus dilakukan dengan cepat karena jika terlalu lama maka akan merusak cita rasa khas dari daging tersebut. Selain itu, perlu juga untuk menjaga tekstur daging yang kenyal dan lembut. Biasanya, memasak udang yang baik dan benar hanya perlu 3 menit saja sampai berubah warna menjadi kemerah-merahan.

Baca lainnya  Jangan Beri Jenis Makanan Berikut ini untuk Si Kecil
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!