Ketahui Jenis Saus Pasta Untuk Memasak

Jenis saus pasta via freepik ala duniamasak

Pasta sudah menjadi hidangan yang tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Tidak diragukan lagi tentang kelezatan makanan Italia yang satu ini. Berbagai cara penyajian dan olahan yang bisa dikreasikan menggunakan pasta. Pasta juga akan terasa lebih nikmat jika dicampurkan dengan saus pasta. Saus yang dipakai pun beraneka ragam dan jenis.

Jenis Saus Pasta yang Lezat dan Nikmat

Banyak orang keliru dengan jenis saus pasta yang digunakan dalam masakan di berbagai restoran Italia. Salah satu faktornya adalah karena belum familiar dengan karakteristik pada setiap jenis saus pasta yang ada. Simak ulasan lengkapnya mengenai jenis saus pasta yang sering digunakan dalam memasak.

Aglio Olio

Aglio Olio via freepik ala duniamasak
Aglio Olio via freepik

Saus pasta yang satu ini termasuk golongan kategori non-creamy. Nama Aglio Olio sendiri mempunyai arti bawang putih dan minyak zaitun. Jadi menurut pengertiannya, saus pasta ini dimasak secara sederhana dan mudah. Umumnya, saus ini dibuat oleh restoran Italia dengan berbahan dasar minyak zaitun, bawang putih, daun parsley, dan keju parmesan. Rasa gurih dan asin adalah ciri khas yang dimiliki Aglio Olio. Pasta yang biasa disajikan dengan saus Aglio Olio adalah spaghetti.

Baca lainnya  9 Manfaat Jagung Muda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Alfredo

Alfredo via freepik ala duniamasak
Alfredo via freepik

Saus pasta ini sering disamakan dan terbilang mirip dengan saus Carbonara. Ya, Alfredo dasarnya bersifat creamy dan disukai sebagian orang. Bahan baku saus pasta ini adalah butter dan krim kental. Rasa saus Alfredo juga didapatkan dari penambahan garam dan lada bubuk serta taburan parutan keju parmesan yang dimasak hingga meleleh. Pasta yang biasa disajikan dengan saus Alfredo adalah fettucini.

Bolognese

Bolognese via freepik ala duniamasak
Bolognese via freepik

Saus pasta ini yang paling banyak ditemui, dipakai, dan tentunya menjadi favorit banyak orang. Bisa dibilang, saus Bolognese sangat cocok dengan lidah orang Indonesia karena memiliki rasa manis dan gurih. Ternyata, saus ini merupakan modifikasi dari saus Marinara namun sudah dimodifikasi dengan cincangan daging serta keju parmesan. Pasta yang paling sering disajikan dengan saus Bolognese adalah spaghetti.

Carbonara

Jenis saus pasta 4 via freepik ala duniamasak
Carbonara via freepik

Inilah saus pasta yang mirip dengan Alfredo. Saus Carbonara juga mempunyai sifat creamy dan gurih dengan cita rasa keju yang sangat memikat. Carbonara adalah modifikasi dari saus Alfredo yang diberi tambahan keju lebih banyak dan tak lupa ditaburkan potongan daging asap serta tentunya telur yang membuat rasanya sangat creamy. Pasta yang sering disajikan dengan saus Carbonara adalah fettucini dan spaghetti.

Baca lainnya  Berikut 6 Makanan Larangan untuk Bayi, Simak Penjelasannya!

Marinara

Jenis saus pasta 5 via freepik ala duniamasak
Marinara via freepik

Saus pasta ini identik dengan warna merah yang menarik perhatian. Warna merah yang dihasilkan oleh saus pasta ini berasal dari tomat asli yang dimasak dengan campuran bawang bombay serta minyak zaitun. Selain pasta, saus Marinara juga banyak digunakan sebagai saus dasar pizza. Pasta yang biasa disajikan dengan Marinara adalah spaghetti dengan topping seafood.

Mushroom Sauce

Jenis saus pasta 6 via freepik ala duniamasak
Mushroom Sauce via freepik

Dilihat dari namanya, tentu saus pasta yang satu ini mempunyai bahan dasar berupa jamur. Mushroom sauce terbuat dari krim lalu dimasak dengan cacahan jamur kancing hingga memiliki tekstur kental. Selain bahan tersebut, saus ini juga mencampurkan mentega, bawang putih, dan daun parsley sehingga rasanya semakin menambah selera makan. Pasta yang biasa disajikan dengan Mushroom sauce adalah spaghetti.

Pesto

Jenis saus pasta 7 via freepik ala duniamasak
Pesto via freepik

Saus pasta ini identik dengan warnanya yang hijau. Campuran daun basil dan minyak zaitun serta keju parmesan tanpa melalui proses pemasakan, membuat saus Pesto menjadi sangat menawan dan sehat. Pasta yang biasa disajikan dengan saus Pesto adalah spaghetti dan macaroni.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!