Ketahui Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat cincau banner via freepik ala duniamasak.com

Cincau merupakan agar-agar yang berasal dari tumbuhan berupa daun cincau. Umumnya, cincau digunakan untuk bahan minuman segar seperti es cincau, es campur, es teh susu, dan lainnya. Jenis cincau yang populer dipakai adalah cincau hitam dan cincau hijau. Warna yang dihasilkan memang tergantung dari warna tumbuhan daun cincau yang digunakan namun khasiatnya hampir sama dan sangat baik untuk tubuh. Disamping rasanya yang enak, yuk ketahui manfaat cincau untuk kesehatan tubuh manusia berikut ini ala Duniamasak.com:

5 Manfaat Cincau yang Baik untuk Tubuh

Manfaat cincau untuk kesehatan tubuh via freepik ala duniamasak.com
Manfaat cincau untuk kesehatan tubuh via freepik

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau khususnya yang berwarna hitam diyakini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebal terhadap radikal bebas. Dalam menambah jumlah antioksidan pada tubuh dengan mengonsumsi cincau, niscaya akan berfungsi lebih baik untuk melindungi seluruh tubuh.

Baca lainnya  Cara Seru Merayakan Hari Kemerdekaan Saat Pandemi

Melancarkan pencernaan

Banyak tumbuhan yang mengandung serat yang tinggi, salah satunya terdapat pada olahan cincau ini. Tentu kandungan serat ini akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain tingginya serat, cincau juga mengandung vitamin B dan vitamin C yang berguna untuk mencegah penyakit diare dan mengatasi sembelit.

Mencegah darah tinggi

Selain cincau hitam, jenis yang hijau juga memiliki khasiat yang baik. Cincau hijau mempunyai kandungan kalium dan juga serat yang tinggi. Kandungan ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Serat yang tinggi dapat membantu mengeluarkan garam dan lemak dalam tubuh sehingga dapat mencegah darah tinggi.

Meredakan sakit tenggorokan

Dalam olahan minuman segar dengan tambahan cincau, dipercaya dapat berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena kandungan kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang dapat menghilangkan sakit pada tenggorokan.

Baca lainnya  17 Agustus Selalu Ada Lomba Makan Kerupuk, Apa Sih Filosofinya?

Menurunkan demam

Kandungan lain dari cincau hijau adalah lemak, polifenol, saponin, alkaloid dan, fosfor yang dapat bermanfaat untuk anti racun pada tubuh. Contoh penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi cincau ini adalah demam.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!