Ketahui Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet

Kopi hijau via suara ala duniamasak

Pada dasarnya, kopi memiliki khasiat dalam kesehatan tubuh manusia. Namun dalam beberapa hal seperti persoalan diet, kopi dirasa belum dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, ada satu jenis kopi yang bisa memberikan solusi mengenai hal tersebut yang selalu menjadi persoalan hampir semua wanita di Indonesia ini. Selain itu, keunikan kopi ini adalah warnanya yang berbeda dari biasanya. Bukan hitam, melainkan hijau. Jika mendengar kata ‘hijau’, pasti sudah terbesit dipikiran bahwa minuman ini adalah minuman yang sehat dan ramah lingkungan. Jadi, apa yang dimaksud dengan kopi hijau?

Kopi Hijau

Kopi hijau atau green coffee merupakan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang. Cara membuat kopi hijau ini sama seperti kopi pada umumnya, perbedaannya adalah karena kondisi kopi ini belum dipanggang sehingga menjadikan warna biji kopi yang hijau. Oleh karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi ini memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang sudah dipanggang. Menurut penelitian, asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biji kopi ini mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu, antioksidan asam klorogenat dalam biji green coffee dapat mencegah perkembangan sel kanker. Ada juga beberapa orang yang mengonsumsi green coffee untuk mengobati obesitas, diabetes, hipertensi, dan alzheimer.

Baca lainnya  DIY Dekorasi Natal Untuk Menghiasi Dapurmu

Manfaat Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau via leanjoebean ala duniamasak
Kopi hijau via leanjoebean

Ekstrak dari biji kopi hijau diyakini dapat mengurangi lemak tubuh serta menurunkan berat badan. Pada penelitian yang sama, terlihat bahwa asam klorogenat merupakan senyawa utama yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena biji kopi ini belum dipanggang sehingga jumlah asam klorogenat yang ada didalamnya belum berkurang. Asam klorogenat ini dapat dicerna dan diserap oleh manusia secara mudah, sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

Kopi hijau ini sudah banyak dijual dipasaran dalam berbagai macam bentuk, mulai dari masih berbentuk biji maupun wujud bubuk. Namun sebenarnya, cara membuat green coffee untuk program diet sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup dengan menyediakan 1 cangkir kopi hijau dengan 3 gelas air untuk merebus (perbandingan 1:3). Sediakan panci untuk merebus kopi, masukkan semua elemen yang sudah ada. Nyalakan kompor dan masak kopi sambil sesekali diaduk secara perlahan agar kopi merata. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus selama 12 menit sambil tetap diaduk. Jika dinilai sudah matang dengan sempurna, matikan api lalu saring kopi. Green coffee siap disajikan dan agar lebih lezat, dapat ditambahkan madu.

Baca lainnya  Ketahui Cara Memasak Udang Dengan Benar

Walaupun terlihat sangat banyak manfaatnya, namun tetap perlu diperhatikan dalam takaran mengonsumsi green coffee. Ketika meminum kopi ini, dosis yang tepat adalah maksimal 480mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Hal ini perlu menjadi perhatian karena sebenarnya kopi hijau juga mengandung kafein yang mirip dengan kopi lainnya. Kafein sendiri pun mempunyai beberapa efek, baik positif maupun negatif. Kafein bermanfaat dapat merubah mood seseorang namun di sisi lain kafein juga dapat membuat kecanduan. Rasa pahit dari kopi bisa membuat seseorang menjadi sulit tidur atau lebih dikenal dengan insomnia. Apapun yang berlebihan itu tidak akan membuahkan hasil baik, jadi konsumsilah minuman green coffee ini dengan sewajarnya dan secara bijak. Selamat mencoba dan semoga berhasil ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!