Khasiat Jagung Putren Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung putren via jesmondfruitbarn ala duniamasak

Jika sering mengonsumsi hidangan capcay, pasti sudah tidak asing dengan jagung ini. Capcay yang mempunyai arti ‘aneka ragam sayur‘ mengandung banyak sayur dan ada yang meyakini bahwa capcay perlu memiliki setidaknya 10 macam sayur didalamnya. Namun, kenyataan dalam restoran berkata lain tetapi tetap konsisten dengan sayuran yang memiliki banyak peminat seperti wortel, brokoli, kol, kembang kol, caisim, jamur, dan baby corn. Yang cukup unik dari hidangan ini adalah kandungan sayur yang memakai jagung muda (kecil) bukan jagung manis (besar). Baby corn atau jagung putren ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jagung Putren

Jagung putren via freepik ala duniamasak
Jagung putren via freepik

Dari segi ukuran, jagung muda ini memang berbeda dari jagung manis yang biasa disantap dalam hidangan dalam sayur asam. Namun, keduanya tetap memiliki rasa yang lezat dan nikmat untuk dijadikan santapan sehat sehari-hari. Sebagian besar baby corn dipanen di daerah Asia dan menurut informasi bahwa sekarang negara Thailand masih menjadi produsen terbesar di dunia. Sebenarnya, di negara Amerika juga memproduksi jagung putren namun sebagian besar diimpor dari Asia kemudian dikemas dalam kaleng sehingga jagung ini menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya dimasak untuk hidangan siap saji, namun jagung ini juga bisa diolah dalam kemasan kaleng sehingga bisa awet dan tahan lama. Yang membuat baby corn menjadi primadona adalah karena mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini khasiat jagung putren bagi kesehatan tubuh:

Baca lainnya  Daftar Makanan Tinggi Serat Berikut Ini Wajib Kamu Konsumsi

Kesehatan mata

Warna kuning pada jagung putren mengandung karotenoid atau tetraterpenoids yang dapat membantu mata agar tetap sehat serta menurunkan risiko katarak. Semakin banyak warna kuning pada baby corn, maka kandungan karotenoid akan semakin tinggi.

Kesehatan kulit

Jagung putren mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga membantu dalam meremajakan sel kulit. Hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat yang menjadikan flek hitam serta kulit kusam dapat teratasi dengan mengonsumsi jagung ini.

Kesehatan jantung

Karotenoid dalam jagung muda ini juga terbukti secara ilmiah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, baby corn juga mengandung serat larut yang berkhasiat dalam mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol.

Kesehatan pencernaan

Selain vitamin C, baby corn juga mengandung vitamin B yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan sehingga bisa berjalan lancar. Dalam kandungan sayuran ini, fakta membuktikan bahwa jagung putren kaya akan serat yang dapat membantu kelancaran pencernaan serta dapat menurunkan berat badan.

Baca lainnya  Jangan Salah Menggunakan Sendok Takar, Berikut Caranya!

Mencegah kanker

Kandungan chryptoxanthin dalam baby corn akan menghasilkan vitamin A dan terdapat juga antioksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas. Antioksidan ini sangat diperlukan untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh.

Menyeimbangkan tekanan darah

Diketahui bahwa baby corn mengandung kalium dan potassium yang dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah. Potassium merupakan zat yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

Manfaat untuk ibu hamil

Ternyata, jagung putren berkhasiat sangat baik untuk ibu hamil juga. Dalam kesehatan janin, baby corn banyak mengandung asam folat yang bisa membantu mencegah kelainan atau cacat pada bayi yang belum lahir. Selain itu, baby corn mengandung vitamin B-6 yang diyakini dapat mencegah mual dan muntah saat hamil. Bagi ibu hamil, memakan jagung ini dalam porsi yang tepat sangat disarankan untuk kesehatan bayi di dalam kandungan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!