Khasiat Labu Kuning untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat labu kuning via freepik ala duniamasak

Buah yang sering dianggap dalam kategori sayur ini sangat banyak ditemukan pada bulan Oktober. Labu kuning memiliki bentuk yang menarik dan tak jarang juga dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik pemandangan. Selain mempunyai bentuk yang indah, labu kuning juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh manusia. Berikut ini akan dijabarkan 5 khasiat labu kuning dan kandungan yang terdapat didalamnya.

5 Khasiat Labu Kuning

Khasiat labu kuning sup via freepik ala duniamasak
Sup labu kuning via freepik

Mempercantik kulit

Untuk para wanita, pasti langsung ingin mendapatkan khasiat yang satu ini. Labu kuning mengandung berbagai vitamin, serat, mineral, serta antioksidan sehingga dapat membantu meremajakan kulit. Maka dari itu, buah ini dapat membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Kandungan beta-karotennya pun diyakini bermanfaat menjadi tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Baca lainnya  Jangan Terlalu Sering Menggoreng, Berikut Cara Masak Sehat Lainnya

Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta-karoten pada labu kuning juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung didalamnya dapat berfungsi untuk membantu retina dalam menyerap dan memproses cahaya. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan zeaxhantin dan lutein yang dipercaya dapat membantu mencegah katarak dan memperlambat degenerasi makula.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat lain dari labu kuning adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit. Kandungan vitamin A tentu dapat melawan infeksi, virus, hingga penyakit kronis. Tidak hanya vitamin A, labu kuning juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu memulihkan tubuh dari penyakit flu, pilek, dan batuk.

Memelihara kesehatan jantung

Selain kaya vitamin, labu kuning juga mengandung folat, karotenoid, kalium, magnesium yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Kalium dapat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan magnesium dapat berfungsi sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Baca lainnya  Jangan Buang Akar Bayam, Berikut Khasiatnya!

Menurunkan berat badan

Saat sedang menjalani program diet, salah satu pilihan tepat untuk menjadi asupan sehat adalah dengan mengonsumsi labu kuning. Tak hanya rasanya yang enak, namun buah ini dapat menurunkan berat badan karena rendah kalori danmengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, labu kuning dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari kegemukan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!