Khasiat Serat Buah Pir, dan Cara Menyimpannya

Share artikel ini:

Sahabat Duma, sebagian besar dari kamu pasti sudah tak asing lagi dengan buah pir ya! Buah kaya serat ini juga mengandung banyak khasiat lho!  Kali ini DuniaMasak akan membahas khasiat serat yang terkandung di dalam buah pir.

  1. Mencegah polip usus
    Buah pir berukuran sedang mengandung 20-25% asupan serat harian yang direkomendasikan. Jenis serat dalam buah pir adalah serat yang tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus. Kandungan serat tinggi dari buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan. Bagi kamu yang pencernaanya sedikit bermasalah buah pir sangat membantu.
  1. Mengurangi risiko stroke
    Buah ini juga bersifat dingin dan menyegarkan. Selain itu, sahabat duma kamu perlu tahu bahwa ternyata manfaat serat dari buah dingin ini mampu mengurangi risiko stroke bahkan hingga 50%. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang terdapat di dalam buah pir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.
  1. Mengurangi risiko kanker
    Hebatnya lagi, satu pir setiap hari saja bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 34% pada wanita yang telah memasuki usia senja. Kandungan serat pada buah pir ini mampu mengatasi sel-sel karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh, agar bisa dibuang dari dalam tubuh. Sel-sel karsinogenik itu adalah sel-sel yang menyebabkan terjadinya kanker di usus besar kita. Hmmmm, bahaya banget kan.
  1. Melawan radikal bebas
    Tak usah diragukan lagi akan manfaatnya deh, kamu bisa pastikan, vitamin C, vitamin K, dan tembaga, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh kita yang juga terkandung di dalam buah pir. Nah, gimana? dengan banyaknya manfaar serat buah pir, yuk rutin konsumsi buah pir sahabat duma! harus menjadi kudapan wajib ya!

Buah Pir Via freepik.com

Cara menyimpan Buah Pir

  1. Simpan di kulkas
    Kalau sahabat duma ingin memilih buah pir yang matang dengan ciri-ciri  buah yang berwarna kuning dan sedikit keemasan. Ketika buah pir sudah mulai matang, buah tersebut akan lebih baik bila disimpan di dalam kulkas. Kamu dapat menyimpan buah pir di dalam kulkas selama 3-5 hari. Jika pir terlalu matang, kamu masih bisa mengolahnya dengan cara dibuat smoothies. Namun  hati-hati jika buah pir sudah berwarna coklat dan menghitam dengan tekstur yang lembek. Tandanya buah pir sudah tidak bisa dimakan.

 

Kulkas Polytron PRM28QX via Duniamasak.com

  1. Simpan di wadah/mangkuk
    Bagi sahabat duma yang ingin menyimpan buah dengan kondisi belum matang, kami rekomendasikan tips untuk menyimpannya di dalam wadah/mangkuk terbuka. Kamu bisa menyimpannya tidak lebih dari 2 hari. Lalu, bagi sahabat duma yang lebih suka mengonsumsi buah menjadi minuman segar atau jus, juga bisa mengolahnya dengan blender.

Mangkuk Dapur via Duniamasak.com

Share artikel ini:
Baca lainnya  Cara Membersihkan Peralatan Masak Kayu di Rumahmu

One thought on “Khasiat Serat Buah Pir, dan Cara Menyimpannya”

  1. Pingback: Sarapan yang Cocok Agar Tidak Ngantuk di Kantor
  2. Trackback: Sarapan yang Cocok Agar Tidak Ngantuk di Kantor

Yuk bahas artikel ini!