7 Gejala Kamu Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Gejala Kamu Terlalu Banyak Konsumsi Gula via oprah.com

Saat bulan Ramadan ini, konsumsi gula semakin bertambah setiap harinya. Karena kebanyakan dari kita rutin mengonsumsi minuman dan makanan manis saat berbuka puasa. Nah untuk itu, kamu perlu mengetahui apakah konsumsi gula dalam tubuhmu sudah berlebihan atau tidak. Yuk simak penjelasan dari tim DuniaMasak, berikut ini ada 7 gejala jika kamu terlalu banyak konsumsi gula.

Konsumsi Gula Berlebih Ditandai dengan Gejala Berikut ini

Konsumsi gula via pixabay.com

Konsumsi gula via pixabay.com

1. Kecanduan Makanan/Minuman Manis

Semakin banyak kamu mengonsumsi gula, semakin banyak kamu menginginkan dan ketagihan dengan gula. Jadi, jika kamu merasa terlalu suka dengan berbagai menu manis, itu artinya konsumsi gulamu sudah berlebih. Mengonsumsi gula memicu hormon dalam tubuhmu. Nah hormon tersebutlah yang terus menginginkan asupan gula. Hal ini lah yang membuat kamu kecanduan gula.

2. Merasa Lesu Sepanjang Hari

Jika ada unsur yang naik, pasti berdampak turunnya unsur yang lain. Mengonsumsi gula membuat kadar insulin kita melonjak tinggi. Energi yang stabil tercipta pada kadar gula yang stabil. Sehingga, kadar gula yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat energimu tidak stabil.

Baca lainnya  Mesin Pembuat Es Krim Portable Nemox Gelato Tepat untuk Bisnismu!

3. Gangguan pada Kulit

Beberapa orang memiliki tubuh yang sensitif terhadap melonjaknya insulin karena terlalu banyak konsumsi gula. Hal tersebut memicu perubahan hormonal yang kemudian menimbulkan gejala timbulnya jerawat atau wajah yang memerah. Kelebihan gula dapat memicu wajahmu memerah dalam waktu yang singkat (beberapa hari). Maka dari itu, jika gejala-gejala tersebut sudah terasa, segeralah hindari konsumsi gula. Gangguan kulit merupakan tanda konsumsi gula berlebih yang mudah terindentifikasi.

4.Β MoodΒ yang Tidak Stabil

Tingkat gula yang tinggi dalam tubuhmu sangat mungkin memicu tidak stabilnya suasana hati atau mood. Terlebih lagi, tingkat gula yang tinggi membuatmu buruk dalam bersikap dan cenderung menjadi pemarah.

5. Berat Badan Naik

Kelebihan gula berarti kelebihan kalori, dan hal tersebut juga berarti kamu kekurangan protein dan serat. Hal ini juga memicu memproduksi insulin, hormon yang berperan besar dalam menentukan berat badan. Ketika kita mengonsumsi gula, pankreas akan memproduksi insulin, yang membawa gula ke tubuh kita sehingga memiliki energi.

Baca lainnya  Melelehkan Coklat Agar Tidak Gosong, Begini Caranya!

Semakin banyak kamu mengonsumsi gula, semakin banyak kamu memproduksi insulin. Namun, produksi insulin yang berlebihan akan menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin maksudnya adalah ketika tubuh kita tidak bisa merespon insulin dengan jumlah yang normal. Gangguan tersebut akan membuat berat badan akan terus naik.

6. Gigi Berlubang

Ketika bakteri terselip di antara gigi melalui makanan, asam diproduksi, maka hal tersebut kemudian memicu kerusakan pada gigi. Tugas air liur kita adalah menjaga keseimbangan dan menghindari kita dari bakteri. Mengonsumsi gula akan merusak struktur dan keseimbangan yang diciptakan oleh air liur. Maka dari itu, gigi akan mudah beresiko untuk berlubang.

7. Rasa Manis Memudar

Makan terlalu banyak gula pada dasarnya akan merusak selera. Gula akan membuat parametermu terus meningkat. Jadi, jika kamu merasa sebuah makanan sudah tidak semanis biasanya, itu artinya gejala konsumsi gula berlebih sudah menyerang tubuhmu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!