Efek Samping Kopi bagi Wanita Berikut ini Mencengangkan!

Kopi bagi wanita ala duniamasak via pexels.com

Apakah kamu termasuk orang yang gemar minum kopi dan bisa menghabiskan setidaknya 2-3 cangkir kopi dalam sehari? Kamu perlu tahu nih bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak kamu konsumsi bisa sangat buruk bagi kesehatanmu. Seperti yang dikutip dari Yahoo Shine, menurut studi, konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Terutama kopi bagi wanita memiliki efek samping seperti yang telah tim DuniaMasak rangkum di bawah ini.

Efek Samping Kopi bagi Wanita

Kopi untuk wanita via pexels.com

Kopi untuk wanita via pexels.com

Menyebabkan depresi

Tahukah kamu jika kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood wanita? Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamine , namun menciptakan sebuah ketergantungan yang sangat tinggi. Selama kamu belum minum kopi, dopamine akan menurun sehingga kamu merasa tertekan, sedih, serta depresi.

Baca lainnya  Cara Mengolah Biji Kopi: Pengolahan dengan Proses Basah

Gastritis

Gastritis adalah kondisi di mana ada peradangan di dalam perut. Penyebabnya beragam, namun kondisinya diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari kopi hitam, green tea, soft drinks, cokelat atau makanan yang meningkatkan asam di dalam lambung.

Tidak subur

Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil. Dokter sendiri menyarankan apabila ingin hamil, sebaiknya wanita menghindari asupan kafein.

Osteoporosis

Sebagian besar manusia yang menderita osteoporosis adalah wanita, dan umumnya area yang terganggu adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

Baca lainnya  Ingin Tahu Lebih Lanjut Seputar Fakta Tentang Kopi?

PMS

PMS begitu mengganggu dan menyebabkan mood naik turun tidak karuan? Hindari segala macam minuman yang mengandung kafein, khususnya kopi. Lebih baik perbanyak asupan air putih untuk membuat sistem metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Kafein sendiri juga menyebabkan dehidrasi sehingga kamu akan merasa resah, mudah terpancing emosi dan tidak nyaman menjelang datangnya menstruasi. Oiya, dosis asupan kafein yang dianjurkan adalah 200-300 mg per hari, yang setidaknya cukup dipenuhi dengan secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Apabila kamu ingin tetap sehat, hindari asupan terlalu banyak kafein ya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!