Penyajian Kopi Nusantara Nan Unik & Menarik, Icip yuk!

kopi nusantara ala duniamasak via konfrontasi.com

Di setiap daerah di Indonesia banyak menyajikan sajian kopi yang unik. Karena memang Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbesar. Ketenaran kopi ini membuat warung kopi banyak bermunculan di setiap sudut kota.
Perkembangan minum kopi yang telah menjadi gaya hidup di sebagian masyarakat Indonesia yang ternyata juga menciptakan cara penyajian kopi yang unik dan menarik. Untuk itu berikut tim duniamasak sajikan berbagai sajian kopi nusantara yang unik dari berbagai daerah di Indonesia.

Kopi Nusantara Unik & Menarik

kopi nusantara via cepamagz.com

kopi nusantara via cepamagz.com

1. Kopi Joss

Kopi joss, kopi yang disajikan sangat unik berasal dari Yogyakarta, kopi mempunyai ciri khas yaitu dengan memasukkan arang ke dalam gelas yang berisi kopi. Arang membara di dalam tungku api diambil lalu dibersihkan debunya, kemudian dicelupkan ke dalam kopi yang panas. Nama kopi joss sendiri berasal dari bunyi mendesis arang yang dimasukan ke dalam gelas berisi kopi.

Baca lainnya  Jangan Salah Memilih Pisau Dapur Sesuai Kebutuhanmu

2. Kopi Durian

Lampung adalah daerah penghasil kopi jenis robusta dan buah durian, daerah ini punya cara unik dalam menyajikan kopi : dengan mencampurkan kopi dan durian. Aroma durian yang menyengat menjadi sebuah sensasi dan kenikmatan tersendiri dalam menikmati Kopi Durian asal Lampung.

3. Kopi Kothok

Ada yang mengatakan bahwa belum ke Cepu kalau belum menikmati kopi variasi kopi yang satu ini. Kopi Kothok mempunyai aroma yang sangat kuat sekaligus segar hal ini diakibatkan karena proses pembuatan Kopi Kothok yang merebus langsung kopi sekaligus bersama air dan gula.

4. Kopi Khop Aceh

Aceh memiliki beberapa cara unik dalam menyajikan dan menikmati kopi. Apalagi daerah ini juga terkenal sebagai penghasil kopi di Indonesia. Salah dari cara unik itu adalah Kopi Khop yaitu cara penyajian kopi dengan membalikan cangkir yang berisi kopi di atas piring kecil kemudian meminum kopi dengan cara langsung menyeruput kopi yang ada di piring tersebut atau bisa juga menggunakan sedotan.

Baca lainnya  Makanan Yang Enak Dikonsumsi Saat Musim Hujan

5. Kopi Takar Mandailing

Satu lagi cara unik menikmati kopi, Kopi takar mandailing, kopi khas dari Sumatra Utara. Kopi takar disajikan menggunakan tempurung atau batok kelapa yang dibentuk seperti cangkir dan tatakannya kemudian diminum menggunakan kayu manis yang berfungsi sebagai sedotan. Tak hanya itu, keunikan kayu takar bertambah karena kopi ini diseduh menggunakan gula aren yang menambah cita rasa.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!