Mengenal Kue Natal Khas Eropa

Kue Natal Khas Eropa via pexels.com

Hari natal biasanya juga dimeriahkan dengan kue natal yang identik. Berbagai macam bentuk dan olahan kue natal yang menarik biasanya juga berbeda di tiap-tiap negara. Keberagaman inilah yang menjadikan kue natal khas dari berbagai negera tersebut. Beberapa kue natal yang sangat menarik perhatian adalah kue natal khas eropa. Banyak dari kita yang tidak mengetahui jenis-jenis kue natal khas Eropa ini, padahal kue natal khas Eropa ini mudah dijumpai di Indonesia.

Yuk Kenali Kue Natal Khas Eropa

Speculaas

Kue Natal via Twitter.com

Kue Natal via Twitter.com

Speculaas merupakan salah satu kue khas Natal dari Belanda. Biscuit speculaas ini menggunakan bahan baku bumbu spekkoek dan gula palem. Citarasanya manis dengan rempah dan tekstur yang renyah. Awalnya, biskuit speculaas ini dibuat untuk memperingati Hari Raya Sinterklas yang jatuh pada tanggal 5 dan 6 Desember. Karena itulah speculaas ini biasanya dibuat menyerupai penampilan Sinterklas. Speculaas ini dicetak dengan menggunakan cetakan dari kayu khusus.

Baca lainnya  Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Kue Kacang Amandel (Amandelbroodjes)

Amandelbroodjes via Lekkertafelen.nl

Amandelbroodjes via Lekkertafelen.nl

Nah, kue natal khas eropa tepatnya negara Belanda yang satu ini, adalah kue yang sering kita temui di Indonesia. Kue ini juga menjadi favorit banyak orang lho. Ternyata amandel ini artinya adalah kacang almond dan amandelbroodjes dapat diartikan sebagai “almond roll”. Amandelbroodjes ini dibuat dari puff pastry yang berlapis-lapis dengan isi kacang almond, namun ada juga yang yang membuatnya dengan kacang tanah, telur dan gula. Rasa gurih dan manis iniah yang membuat kue ini enak banget.

Oliebollen

Olliebollen via smulweb.nl

Olliebollen via smulweb.nl

Oliebollen adalah kue khas Natal dari Belanda yang kerap dijuluki donat belanda. Olibollen ini sebenarnya merupakan khas Belanda dan Belgia (di Belgia dikenal sebagai smoutenbollen). Oliebollen ini terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam dan biasanya lalu ditambahkan kismis dan irisan apel. Adonan ini lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng.

Baca lainnya  10 Tips Buka Puasa Bersama Agar Berjalan Lancar & Efektif

Stollen

Stollen via locavorest.com

Stollen via locavorest.com

Stollen atau Christstollen merupakan kue khas Natal dari Jerman. Stollen sendiri berarti terowongan. Istilah ini biasanya dipakai oleh para pekerja tambang. Kue Christollen yang berbentuk seperti terowongan ini menggambarkan bayi Yesus yang terbungkus kain lampin berwarna putih. Kue yang berasal dari abad ke-14 ini awalnya dipersiapkan pada masa puasa Adven di biara-biara. Bahan-bahannya antara lain yaitu tepung, ragi, dan air. Waktu itu mereka tidak menggunakan gula karena terlalu mahal. Setelah beberapa waktu, Heinrich Drasdo, seorang tukang roti ningrat dari Sachsen mengusulkan agar adonan Christollen diperkaya untuk disajikan pada perayaan Natal. Adonan Christollen ini lalu ditambahkan dengan mentega, susu, gula, telur, dan juga kacang almond, buah-buahan kering, dan kismis. Christstollen ini lalu ditaburi dengan gula halus pada permukaannya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!