5 Kuliner Khas Makasar yang Menjadi Pusat Perhatian!

kuliner khas makassar ala DuniaMasak via food.detik.com

Sahabat duma, kota Makassar memang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena warga dan destinasi wisatanya yang luar biasa menarik. Namun tak luput juga dari perhatian yaitu kuliner khas makassar. Nah, kali ini tim DuniaMasak akan membagikan referensi kuliner khas makassar yang tak boleh kamu lewatkan.

Kuliner Khas Makassar yang Disukai Banyak Orang

Mie titi kuliner khas  via tripzilla.id

Mie titi via tripzilla.id

1. Coto Makassar

Mampir ke Sulawesi Selatan? Jangan ketinggalan Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan yang satu ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya khas dan tentu membuat ketagihan. Jika kamu ingin menikmati makanan ini kamu bisa menemukannya dengan mudah di sekitaran pantai losari.

Baca lainnya  Kesalahan Dalam Mengukus Nasi, Jangan Pernah Melakukan Ini!

2. Konro

Konro pada dasarnya terdiri dari bahan dasar iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lain, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini sangat nikmat dicicipi saat panas. Oiya, jika kamu ingin menikmati makanan ini namun tidak sedang berada di Makassar, kamu bisa mampir ke sini. Raja Konro Daeng Naba adalah tempat yang tepat untuk menikmati makanan ini.

3. Pallubasa

Pallubasa merupakan hidangan yang mirip dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau, dengan semua bahan dimasak dalam waktu yang lama. Cara membedakan dengan Coto Makassar adalah menu pendampingnya. Pallubasa dimakan bersama nasi putih, sementara Coto Makassar dengan ketupat.

Baca lainnya  Cara Merawat Oven Ala Tim DuniaMasak yang Patut Kamu Coba

4. Pallumara

Lebih tertarik untuk menikmati seafood di Makassar, kamu bisa mencoba Pallumara, makanan berbahan dasar ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini mirip dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah menjadi bahan dasarnya, dengan tongkol atau bandeng menjadi pengganti. Cara terbaik menikmati Palumara adalah dengan nasi hangat, ditemani dengan minumaan dingin.

5. Mie Titi

Ingin mencoba kuliner ala Tionghoa di Makassar, Mie Titi adalah yang harus kamu coba nih sahabat duma! Bukan hanya rasanya yang gurih, kombinasi lauk di sajian ini juga begitu melimpah, mulai dari daging, seafood hingga sayuran yang menyehatkan. Kamu juga bisa menikmati mie titi untuk di wilayah Jakarta tepatnya Raja Konro Daeng Naba.  

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!