Bekunjung ke Ibukota? Sudahkah Mencicipi Makanan Betawi Ini?

Makanan betawi ala DuniaMasak via rasamasa.com

Hai sahabat duma, apakah kamu sudah pernah mencicipi makanan betawi di bawah ini? Nah, kali ini tim DuniaMasak akan menjelaskan soal makanan betawi yang selain enak juga memiliki cita rasa khas serta akan membuatmu ketagihan lho!

Yuk Cicipi Makanan Betawi Ini!

Makanan betawi: nasi ulam via rasamasa.com

Makanan betawi: nasi ulam via rasamasa.com

Nasi Uduk

Nasi yang satu ini dibuat dengan dicampurkan santan, ditambah bihun serta menu pendamping lainnya seperti tempe, telur, kerupuk dan sambal. Kombinasi inilah yang menjadikan nasi uduk menjadi makanan betawi yang cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Selain itu, nasi uduk cocok dikombinasikan dengan lauk apapun.

Nasi Ulam

Mirip seperti nasi campur, kamu bisa memilih aneka lauk untuk disantap bersama nasi ulam ini. Paling enak jika ditemani daging semur potong, bihun, dan kerupuk. Nasi ini biasanya dilengkapi dengan kremes dari olahan ayam goreng.

Ketoprak

Makanan betawi yang satu ini cukup dikenal nih sahabat duma! Ketoprak terdiri dari bihun, ketupat, tahu, tauge yang disiram ulekan bumbu kacang. Berbeda dengan di Surabaya, ketoprak ini hampir mirip dengan Gado-gado. Kamu sudah pernah mencicipinya?

Baca lainnya  Menggunakan Kompor Listrik untuk Apartemen, Efektif Nggak sih?

Kerak Telor

Pembuatan kerak telor ini memang cukup berbeda dan khas. Sebab, telur dimasak di balik wajan, dan dicampur dengan beras serta bumbu lainnya. Enak disantap saat hangat. Teksturnya lebih kasar karena campuran beras. Biasanya kerak telor ini bisa ditemukan di area Pekan Raya Jakarta dan Monumen Nasional.

Semur Jengkol

Banyak orang yang diam-diam sangat menggilai makanan betawi yang satu ini. Jika pengolahannya benar, jengkol bisa menjadi sangat lezat, bahkan tak ada baunya seperti yang kita dengar selama ini. Apalagi, jengkol bisa jadi empuk seperti daging. Kamu bisa menikmati menu yang satu ini di warung Jakarta.

Laksa Betawi

Laksa merupakan makanan mie berkuah yang disajikan bersama perkedel, kerang, ikan, atau seafood lainnya. Rasanya sangat gurih karena proses memasaknya menggunakan santan. Makanan betawi yang satu ini juga menjadi salah satu andalan makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Ibukota.

Baca lainnya  6 Kesalahan dalam Memasak yang Perlu Kamu Hindari

Soto Tangkar

Tangkar memiliki arti iga sapi. Asal katanya digunakan saat zaman penjajahan Belanda. Tak heran jika soto tangkar menjadi favorit, apalagi kalau iganya terasa begitu lembut dan langsung bisa dikonsumsi dengan melepaskan dari tulangnya.

Lontong Sayur

Kamu bisa mencari menu ini di sekitar di pinggir jalan, terutama saat pagi hari. Lontong sayur biasa dijadikan menu sarapan warga Jakarta. Terdiri dari sayur lodeh, potongan lontong, dan ayam. Makin nikmat dinikmati bersama kerupuk dan sambal.

Nah, dari semua menu di atas, yang mana sih yang belum kamu cobain? Yuk berkunjung ke Ibukota dan cicipi sensasi makanan betawi yang bikin ketagihan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!