5 Makanan Favorit Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi

Hai sahabat duma, apakah kamu berasal dari kota Palembang? Nah, selain sungai musinya yang terkenal, Palembang juga terkenal dengan makanan favoritnya yang khas. Makanan favorit tersebut harus banget kamu cicipi lho! Nih tim DuniaMasak bagikan referensi makanan favorit khas Palembang, intip yuk!

Makanan Favorit Khas Palembang

Tekwan makanan favorit via wikihow.com

Tekwan makanan favorit via wikihow.com

Pempek

Siapa sih yang belum pernah mencicipi pempek? Pempek khas Palembang ini sangat terkenal dan hampir di seluruh Indonesia juga terdapat kedai Pempek.  Terbuat dari ikan, tepung dan sagu, bisa digoreng maupun diresbus saja. Biasanya pempek ini disajikan dengan cuko kental yang nikmat. Pempek telah berkembang menjadi banyak variasi. Misalnya ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan dan lainnya. Meskipun di daerah-daerah lain pempek mudah ditemukan, namun mencoba pempek langsung buatan orang asli Palembang tentu lebih nikmat lho!

Baca lainnya  Tips Menentukan Kulkas yang Cocok Bagi Pengantin Baru

Tekwan

Tekwan dibuat hampir sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat pempek. Perbedaannya bentuk tekwan dibuat bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan, namun tidak bulat. Tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang ditambah dengan taburan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, potongan bengkoang, maupun jamur kuping.

Pindang Patin

Pindang merupakan makanan favorit khas palembang yang sangat terkenal rasanya nikmat dan pedasnya. Bahan utama makanan ini adalah ikan patin yang dimasak dengan bumbu seperti cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, nanas dan bumbu lainnya. Pindang enak dimakan dengan nasi dan juga tambahan sambal tempoyak ataupun sambal mangga.

Mie Celor

Mie Celor adalah mie yang disajikan dengan kuah santan kental dan dicampur dengan kaldu udang dan sayuran sayuran seperti toge. Mie khas Palembang satu ini memiliki bentuk yang tebal seperti udon. Berbeda layaknya mie biasa, Mie Celor ini memiliki kuah yang kental dan sangat gurih.

Baca lainnya  Hits Banget: Es Kepal Milo, Peluang Bisnis Kekinian

Tempoyak

Tempoyak dibuat dengan campuran daging durian yang ditumis dengan isian cabai dan bawang. Tempoyak teksturnya seperti sambal dan disantap sebagai pelengkap makanan. Tempoyak disukai oleh masyarakat Palembang sebagai campuran untuk menikmati pindang ikan patin atau makanan lainnya. Tempoyak memiliki rasa yang gurih dan unik.

Bagaimana sahabat duma, makanan khas Palembang di atas sangat menggiurkan bukan? Yuk cobain makanan favorit Palembang!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!