Bahaya! Makanan ini Bisa Membuatmu Ketagihan!

Nikmatnya membuatmu ketagihan via pexels.com

Membaca judul di atas, kamu sudah terbayang nggak sih makanan yang bisa membuatmu ketagihan? Memang pada masa yang serba modern ini, gaya hidup kebanyakan orang dalam kesehariannya dihabiskan untuk bekerja. Jam kerja yang sangat panjang, apalagi ditambah jam lembur, plus waktu pulang pergi (biasanya mengalami macet di jalan), hal ini menyebabkan pola makan menjadi tidak teratur. Junk Food menjadi pilihan utama demi memenuhi kebutuhan asupan makanan kita sehari-hari. Makanan yang satu inilah yang membuatmu ketagihan. Ditambah lagi, junk food tersebut dibuat dengan cita rasa yang lezat, dan harganya juga cukup terjangkau.

Junk Food Membuatmu Ketagihan

Junk Food via www.hindustantimes.com

Junk Food via www.hindustantimes.com

Makanan jenis junk food menyimpan berbagai efek buruk pada orang-orang yang gemar untuk mengkonsumsinya. Kadar lemak jenuh yang sangat tinggi itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Nah, pada awalnya makanan seperti ini dinamakan dengan fast food, hingga akhirnya berubah menjadi junk food ketika hanya mementingkan kelezatan saja, tanpa memperhatikan  masalah kesehatan. Bahayanya lagi, makanan ini menjadi rutinitas kebanyakan orang, karena membuatmu ketagihan.

Baca lainnya  Cara Minum Air Putih yang Baik dan Benar

Makanan yang Termasuk Junk Food

World Health Organization (WHO) secara serius membahas mengenai dampak buruk makanan junk food. WHO menyebutkan 10 golongan yang termasuk ke dalam makanan junk food (yang mungkin kita konsumsi dalam sehari-hari), apa aja ya? simak di bawah ini:

  1. Makanan Asinan (dengan kadar garam sangat tinggi) dapat memberatkan kerja ginjal, mengiritasi lambung dan usus.
  2. Makanan Kalengan, yaitu makanan yang dikemas dalam kaleng, bisa berupa buah-buahan atau daging. Makanan kaleng tidak sehat karena biasanya mengandung bahan pengawet yang sehat, yang juga mengakibatkan menurunnya kandungan gizi dan nutrisi.
  3. Makanan Gorengan mengandung kalori, lemak dan minyak yang tinggi, mengakibatkan kegemukan dan sakit jantung koroner. Pada proses menggoreng, muncul zat karsiogenik yang memicu kanker.
  4. Makanan Daging yang Diproses (seperti sosis) mengandung bahan pewarna dan pengawet yang membahayakan organ hati. Selain itu, kadar natrium yang tinggi menyebabkan hipertansi dan gangguan ginjal, hingga bisa memicu kanker.
  5. Mie Instant mengandung bahan pengawet, serta kadar garam di dalam mie instant menyebabkan kerja ginjal menjadi berat. Mie instan juga mengandung trans lipid yang beresiko buruk pada pembuluh darah jantung.
  6. Makanan yang Dibakar atau Dipanggang, mengakibatkan makanan menjadi gosong, serta memunculkan zat yang memicu penyakit kanker.
  7. Keju Olahan, mengakibatkan meningkatnya berat badan dan gula darah.
  8. Makanan Manisan Kering, mengandung garam nitrat yang memicu munculnya zat karsiogenik di dalam tubuh, mengakibatkan tingginya resiko gangguan pada fungsi hati, serta memberatkan kerja ginjal.
  9. Makanan Manis Beku (ice cream, cake beku dll) umumnya mengandung mentega tinggi yang mengakibatkan obesitas dan kadar gula tinggi.
  10. Makanan Daging Berlemak dan Jeroan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang meningkatkan resiko resiko penyakit jantung koroner, kanker usus besar, dan kanker payudara.
Baca lainnya  Peralatan Dapur Yang Wajib Ada Buat Kamu Yang Baru Menikah

Makanan junk food memang lebih banyak efek negatifnya dari pada manfaantya, tetapi bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali, hanya perlu dibatasi saja seperti maksimalnya 4 kali dalam sebulan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!