Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Kalian Pernah Coba yang Mana?

Makanan khas lebaran via kopakama.com ala tim duniamasak

Makanan khas lebaran adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu jika lebaran tiba. Di Indonesia misalnya, makanan yang selalu ada sebagai pelengkap adalah opor ayam, rendang, sambal, ketupat serta berbagai macam kue kering lainnya. Namun , tahukah kamu? Bahwa di berbagai negara juga memiliki makanan khas lebaran yang tidak kalah menggiurkan. Berikut ini tim duniamasak akan memberitahukan makanan-makanan yang menjadi primadona di berbagai negara, kira-kira ada yang pernah mencoba?

Tradisi Makanan Lebaran Di Negara Lain

Makanan khas lebaran via kopakama.com ala tim duniamasak
Kue kahk mesir via salesucre.com

Maroko

Negara arab yang berada di benua Afrika ini memiliki makanan khas yang ada saat lebaran tiba. Makanan khas tersebut adalah Meloui dan Chicken Bastilla. Camilan Meloui sendiri terbuat dari bahan dasar terigu, ragi, garam dan gula. Lain halnya dengan Meloui, Chicken Bastilla adalah kue yang terbuat dari bahan dasar ayam.

Mesir

Masih bermain diwilayah arab, ada negara Mesir yang memiliki makanan khas lebaran yang tidak kalah enak. Perlu diketahui, bahwa perayaan idul fitri di Mesir ini berlangsung selama empat hari loh, cukup lama ya sahabat duma!. Berbicara mengenai makanan khas lebaran, maka Mesir memiliki kue andalan yang bernama Kahk. Kahk merupakan kue bukat yang ditaburi gula rendah kalori. Kue yang berisi kacang ini, menjadi menu favorit yang wajib disajikan saat lebaran tiba.

Baca lainnya  Berikut ini Pengganti Kopi Bagi Kamu Penderita Maag

Turki

Berpindah ke negara yang ada di benua Eropa, ada negara Turki dengan makanan khas lebarannya. Baklava dan Iftariye menjadi menu pelengkap hari raya idul fitri di negara tersebut. Baklava merupakan kue yang berlapis-lapis dan terdapat potongan-potongan kacang yang disirami sirup dan madu. Sedangkan Iftariye adalah roti yang terlihat seperti pizza namun dengan topping kurma, roti pide, pastirma dan masih banyak lagi.

India

Nah sekarang kita ke negara bagian Asia, India salah satunya. Negara yang memiliki populasi terbesar kedua di dunia ini memiliki makanan khas lebaran juga loh. Bubur Hyderabadi Haleem adalah bubur yang berasal dari gandum, daging sapi dan juga kacang lentil. Selain itu bubur Hyderabadi Haleem juga memiliki komposisi rempah-rempah diantaranya, jinten, lada hitam, bawang putih dan sebagainya. Bubur ini biasanya disajikan ketika panas dan dihiasi irisan telur rebus dan taburan bawang goreng dan lemon.

Baca lainnya  Inspirasi Makanan Untuk Parcel Lebaran yang Wajib Dicoba

Pakistan

Negara yang bertetangga dengan India ini juga tidak kalah menarik loh soal makanannya. Sheer Khurma, dari namanya saja kalian sudah tau kan kalau makanan ini pasti berbahan dasar kurma. Makanan khas dari Pakistan ini merupakan puding kurma yang diolah dengan susu dan mie vermicelli.

Tiongkok

Walaupun umat muslim di negara ini terbilang sedikit, bukan berarti tidak ada makanan khas lebaran ya di negara ini. Karena negara ini juga punya loh makanan khas lebaran, yaitu Sup Mie La Mian. Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang di olah hingga membentuk seperti mie. Soal rasa, Sup Mie La Mian ini sangat menggoda selera saat lebaran tiba.

Wah ternyata banyak ya makanan-makanan khas lebaran yang ada di berbagai belahan dunia. Sahabat Duma disini kira-kira sudah pernah mencoba makanan khas dari negara mana? Atau mungkin tertarik ingin mencoba makanan khas dari negara lain? Jika kalian sudah pernah mencobanya yuk sharing bersama duma. Duma juga penasaran nih ingin mencoba makanan dari negara Maroko.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!