Cara Menikmati Makanan Mentah, Yuk Konsumsi Rutin!

Cara Menikmati Makanan Mentah bersama DuniaMasak via eatthis.com

Hallo sahabat duma, apakah kamu termasuk salah seorang penikmat makanan mentah? Ada cara dan trik tersendiri untuk menikmati makanan dengan jenis mentah ataupun tidak dimasak ini. Yuk simak penjelasan tim DuniaMasak berikut ini!

 Mengonsumsi Makanan Mentah, Sehat dan Praktis

Makanan mentah via pixabay.com

Salad via pixabay.com

Mulai Mengonsumsi Makanan Mentah Secara Perlahan

Mengonsumsi makanan mentah secara perlahan artinya bukanlah mengunyah secara pelan-pelan, melainkan mulailah secara bertahap. Merubah pola makan dari makanan yang telah diolah ke makanan mentah bukanlah hal yang mudah, tapi kamu bisa memulainya perlahan, sedikit demi sedikit.

Misalnya untuk permulaan kamu bisa merubah sarapan menjadi buah-buahan segar dan mengubah makan siang menjadi salad segar. Jadi, kamu tidak perlu tergesa-gesa karena merubah pola makan secara perlahan justru lebih sehat dibandingkan dengan merubahnya secara keseluruhan.

Baca lainnya  5 Alat Masak yang Selalu Diburu Menjelang Hari Raya

Mengetahui Jenis Makanan yang Bisa Dimakan Secara Mentah

Permulaan raw food diet, kita harus mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa dimakan secara mentah. Sebab, ada juga beberapa makanan yang justru mengandung zat yang berbahaya ketika dikonsumsi secara mentah lho! Kamu bisa mulai dengan buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, ikan tuna, dan masih banyak lagi.

Memilih Makanan yang Organik

Kalau kamu memilih bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayuran, usahakan memilih buah dan sayur yang organik. Sayur dan buah organik dibudidayakan tanpa penggunaan zat kimia, sehingga terhindar dari bahan berbahaya seperti residu pestisida yang dapat membahayakan tubuh. Jika tidak memilih jenis sayur dan buah yang organik, sebelum mengonsumsi makanan secara mentah ada baiknya kamu membersihkan sayur dan buah yang telah dibeli dengan air yang mengalir. Setelah itu, kamu dapat merendamnya di dalam air yang telah dicampur sedikit cuka apel agar zat-zat kimia yang menempel di bahan makanan gugur.

Baca lainnya  Tak Perlu Perawatan Mahal, dengan 3 Bahan Dapur Berikut Mampu Mengusir Komedo

Menjaga Makanan Mentah Agar Tetap Fresh

Ketika membeli bahan makanan mentah untuk dikonsumsi, usahakan agar tidak membeli terlalu banyak. Makanan jenis mentah terutama sayuran cenderung lebih cepat layu atau busuk meskipun disimpan di dalam kulkas. Jangan memakan bahan makanan yang sudah terlihat layu karena kandungan gizi di dalamnya sudah banyak berkurang.

Hal yang paling penting dalam mengonsumsi makanan ini atau diet makanan mentah adalah kenali dan ikuti reaksi tubuhmu. Jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi hal-hal yang tidak kamu suka. Temukan jenis bahan makanan mentah yang kamu sukai dan mulailah dari sana.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!