Berikut Ini Makanan Nusantara yang Biasa Disajikan di Hari Idul Adha

Makanan nusantara idul adha ala duniamasak via unileverfoodsolutions.com

Hitungan beberapa hari ke depan, umat muslim akan merayakan hari idul Adha (lebaran haji). Ternyata di hari besar seperti idul Adha ini, makanan nusantara di sajikan dengan penuh keberagaman. Ya, seluruh masakan nusantara di bawah ini dapat dengan mudah kamu temui di hari idul Adha nantinya. Simak yuk penjelasannya!

Makanan Nusantara di Hari Idul Adha

Gulai sebagai makanan nusantara via selerasa.com

Gulai sebagai makanan nusantara via selerasa.com

Gulai Kambing (Aceh dan Sumatra Barat)

Makanan nusantara yang berasal dari Aceh dan Sumatera Barat ini umumnya terbuat dari daging kambing dan bagian tulang. Daging dan tulang itu dimasak bersama bumbu kari (gulai). Khusus di Aceh, gulai kambing disebut juga dengan nama kuah sie kameng. Menu ini dimasak dengan rempah yang berlimpah, lalu disantap bersama nasi panas, ketupat, atau roti canai.

Baca lainnya  10 Manfaat dari Citrus Squash: Kamu Harus Tahu!

Lain lagi gulai kambing di Sumatra Barat. Hidangan gulai khas Ranah Minang memakai bagian daging sapi dengan banyak lemak. Daging kemudian dimasak dalam bumbu dengan cabai melimpah. Gulai pedas berbumbu ini disebut gulai cancang.

Krengseng (Jawa Timur)

Krengseng adalah olahan daging kambing yang populer di daerah Jawa Timur. Masakan ini memiliki aroma khas petis. Warna cokelat pekat didapat dari pemakaian kecap manis. Di beberapa tempat, kecap manis bisa juga diganti dengan sari kurma. Krengseng memiliki rasa gurih dan manis, sedap disantap dengan nasi putih atau ketupat nasi. Jika tak terlalu menyukai daging kambing, kamu juga dapat menggantinya dengan ayam ataupun sapi.

Rabeg (Banten)

Hidangan satu ini merupakan makanan khas Jazirah Arab yang dibawa ke Indonesia dan menjadi favorit di Banten. Namanya rabeg. Rabeg memanfaatkan jeroan kambing sebagai bahan utama. Nyaris semua jeroan kambing bisa dipakai sebagai bahan untuk rabeg. Memasak rabeg memang sedikit lebih sulit daripada sajian lain. Jika salah olah, daging bisa menjadi berbau prengus yang kurang sedap lho!

Baca lainnya  Ampuh Memutihkan Kulit Tubuh dalam 1 Minggu, Apa Sih Rahasianya?

Balanga (Sulawesi)

Balanga merupakan kambing muda yang diolah dengan cara dibakar, mirip satai. Dahulu, masakan ini dibawa bangsa Arab ke Sulawesi. Seiring berjalannya waktu, makanan ini dimodifikasi dari segi bahan dan cara memasaknya hingga menjadi balanga. Di Sulawesi, khususnya Gorontalo, makanan ini biasa disantap ketika Idul Adha datang.

Nah, makanan mana sajakah ya biasanya ada di meja makanmu ketika idul Adha? Tuliskan komentarmu di bawah ini ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!