Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil via freepik ala tim duniamasak

Kehamilan adalah saat yang begitu didambakan oleh tiap wanita yang sudah menikah. Untuk mendapatkan karunia kehamilan, ada usaha dan proses yang harus dilewati dan tidak semuanya mudah. Ketika sudah mendapatkan kehamilan yang dinanti-nantikan, calon ibu harus betul-betul mengetahui makanan apa yang baik untuk dikonsumsi dan mendukung perkembangan janin, begitu juga tentang makanan pantangan untuk ibu hamil.

Jenis-jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Masa Kehamilan

Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil via freepik ala tim duniamasak
Makanan pantangan untuk ibu hamil via freepik

Dalam ilmu medis dan gizi, dikenal berbagai jenis makanan yang dipercaya memiliki manfaat tinggi bagi proses kehamilan, seperti aneka sayur dan buah-buahan segar, makanan yang mengandung protein dan vitamin tinggi, susu, juga makanan-makanan yang mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang ternyata menjadi pantangan yang harus ditaati selama masa kehamilan. Di antara makanan-makanan tersebut, ada beberapa yang tampak tidak berbahaya ketika dikonsumsi di luar masa kehamilan, di antaranya termasuk beberapa jenis sayur dan buah-buahan. Apa sajakah makanan-makanan yang menjadi pantangan selama masa kehamilan tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Durian

Buah lezat idola banyak orang ini memang nikmat disantap dalam segala suasana. Namun, dalam masa kehamilan buah ini ternyata menjadi pantangan sebab kandungan gula dan kadar alkohol yang dimilikinya rentan menjadi faktor yang membahayakan janin hingga dapat berpotensi menyebabkan keguguran pada kehamilan usia muda.

Baca lainnya  Prediksi Top 5 Bisnis Kuliner 2018!

Tape

Hampir sama seperti durian, tape adalah kudapan khas Indonesia yang digemari semua orang. Namun proses peragian meningkatkan kadar alkohol sehingga berbahaya bagi janin.

Makanan yang Mentah atau Kurang Matang

Beberapa jenis makanan baik hewani maupun nabati memang sengaja disajikan mentah dan terasa lezat bagi yang menyukainya, seperti ikan mentah atau telur setengah matang. Namun, ancaman toksoplasma pada jenis makanan ini menjadi alasan bahwa makanan mentah atau kurang matang termasuk makanan pantangan dalam masa kehamilan.

Makanan yang Terlalu Asam atau Pedas

Makanan yang terlalu asam atau pedas akan memicu peningkatan kadar asam lambung bagi ibu hamil yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama kehamilan sehingga konsumsinya sebaiknya dihindari atau dikontrol dengan baik.

Hati Hewan

Hati sapi atau ayam mengandung banyak vitamin A. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A selama masa kehamilan ternyata dapat membahayakan kesehatan janin.

Baca lainnya  Bekunjung ke Ibukota? Sudahkah Mencicipi Makanan Betawi Ini?

Makanan Laut yang Mengandung Timbal

Makanan pantangan untuk ibu hamil lainnya adalah makanan laut terkenal akan kandungan proteinnya yang baik untuk kesehatan. Namun, beberapa jenis makanan laut seperti kerang diketahui mengandung timbal yang berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil sebab memicu resiko autisme pada bayi.

Makanan Berkadar Gula Tinggi

Selama masa kehamilan, asupan gula harus menjadi perhatian bagi ibu hamil. Asupan gula yang baik adalah yang tidak terlalu berlebih, sebab hal ini dapat memicu diabetes kehamilan dan bayi terlahir dengan kelebihan berat badan.

Susu yang Tidak Melalui Proses Pasteurisasi

Susu adalah asupan yang baik bagi ibu hamil, dengan syarat telah melalui proses pasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi berpotensi menimbulkan keracunan pada ibu hamil sebab bakteri-bakteri yang masih hidup di dalamnya.

Kafein

Makanan dan minuman berkafein berpotensi memicu detak jantung ibu dan janin di dalam kandungan, sehingga harus dihindari sebab dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan perkembangan berat badan bayi di dalam kandungan.

Itulah informasi penting tentang makanan pantangan untuk ibu hamil yang harus kita ketahui agar proses kehamilan hingga kelahiran senantiasa sehat, lancar dan terhindar dari berbagai gangguan yang mengakibatkan dampak negatif bagi ibu dan bayi. Selamat menanti kelahiran buah hati dan semoga kehamilan Anda sehat dan lancar!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!