Daftar Makanan Tinggi Serat Berikut Ini Wajib Kamu Konsumsi

http://sayurmayur-surabaya.blogspot.com/2015/07/buah-dan-sayur-berserat-tinggi.html

Sahabat duma, makanan tinggi serat sudah seharusnya rutin untuk kamu konsumsi sehari-hari. Menurut angka kecukupan gizi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, wanita dewasa membutuhkan serat setidaknya 30 gram per hari. sedangkan laki-laki memerlukan serat sekitar 38 gram. Nah, kamu nggak perlu bingung harus konsumsi makanan apa aja setiap harinya nih, tim DuniaMasak siap memberikan informasi lengkapnya di bawah ini!

Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat via pixabay.com

Makanan tinggi serat via pixabay.com

Kelompok Buah-buahan Tinggi Serat

Pada dasarnya semua jenis buah termasuk makanan tinggi serat, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu:

  • Alpukat, buah kaya lemak baik ini memiliki serat yang cukup tinggi sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.
  • Apel, dalam satu buah apel ukuran sedang kamu dapat menemukan serat sebanyak 4,4 gram
  • Pir, termasuk makanan tinggi serat sebab mengandung 5,5 gram serat dalam satu buah pir ukuran sedang.
  • Kelompok buah beri, seperti strawberi dan raspberi, termasuk buah yang memiliki serat yang tinggi. Contohnya, dalam 100 gram raspberri terdapat 6,5 gram serat.
  • Pisang, selain menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang.
Baca lainnya  Persiapan Lebaran Dengan Bolde Super Mop Menyulap Rumah Menjadi Mengkilap

Kelompok Sayur-sayuran Tinggi Serat

Sama seperti buah, semua sayur juga merupakan mekanan tinggi serat. Beberapa jenis sayuran yang termasuk makanan tinggi serat, yaitu:

  • Brokoli, di dalam 100 gram sayuran hijau ini kamu dapat menemukan 2,6 gram serat.
  • Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar tumbuhan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buktinya, serat yang ada di dalam 100 gram wortel sebanyak 3,4 gram serat.
  • Daun kale, yang dianggap sebagai salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ini, mempunyai serat sebanyak 3,6 gram dalam 100 gram kale.
  • Bayam, mengandung 2,2 gram serat di dalam 100 gram bayam.

Kelompok Kacang-kacangan Tinggi Serat

Kacang-kacangan ternyata termasuk ke dalam makanan tinggi serat dan berikut adalah beberapa jenis kacang yang paling tinggi seratnya:

  • Kacang merah, punya serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 7 gram per 100 gram kacang merah.
  • Almond mengandung 3,5 gram serat per 23 kacang almond.
Baca lainnya  Hot Trend: Manfaat Baking Soda Bagi Kecantikan

Makanan Pokok yang Tinggi Serat

Tentunya, makanan pokok yang merupakan sumber utama karbohidrat pasti memiliki kandungan serat di dalamnya. Sebab, sebenarnya serat adalah salah satu jenis karbohidrat. Berikut adalah jenis makanan pokok yang tinggi akan serat:

  • Oat, adalah makanan pokok yang cocok untuk kamu yang sedang dalam diet ketat. Selain bentuknya yang padat, oat dapat membuatmu sangat kenyang karena mengandung 10,6 gram serat dalam 100 gram oat.
  • Beras merah, tidak seperti beras putih yang tidak memiliki banyak serat. Beras jenis ini mempunyai 3,5 gram serat per satu gelas beras merah.
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!