7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Hallo, kali ini tim DuniaMasak akan membagikan tips seputar makanan sehat untuk ibu hamil. Bagi kamu sahabat duma yang sedang menjalani proses kehamilan, demi melahirkan anak yang sehat, sebaiknya kamu sering mengonsumsi makanan berikut ya!

Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil via pixabay.com

Makanan sehat untuk ibu hamil via pixabay.com

1. Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Susu

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Produk susu, terutama yogurt, merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sedang hamil. Kamu juga bisa mengonsumsi susu dan keju secara rutin.

2. Kacang-kacangan

Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan ibu serta janin terutama pada trimester pertama. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.

3. Ubi

Makanan sehat lainnya adalah ubi. Ubi merupakan salah satu makanan sehat lainnya yang mengandung vitamin A. Nah, vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Saat hamil, umumnya wanita disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari.

Baca lainnya  Bunda Baru Melahirkan? Yuk, Intip Cara Memilih Kulkas untuk Menyimpan ASI!

4. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani yang wajib dijadikan makanan sehat untuk ibu yang sedang hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 penting  seperti EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang tumbuh. Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D yang baik untuk ibu dan bayi.

5. Telur

Telur merupakan makanan sehat yang bergizi dan mudah untuk didapatkan. Telur bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kolin, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

6. Brokoli dan Sayuran Hijau Lainnya

Brokoli dan sayuran berdaun hijau, biasanya banyak mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber makanan tersebut juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit. Nutrisi yang terkandung pada sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Perlu diketahui juga kalau brokoli dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan

7. Daging

Daging sapi, daging ikan, dan daging ayam merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Selain itu, dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah. Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Baca lainnya  Memilih Panci yang Sesuai untuk Bisnis Cathering

Maka dari itu wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan