9 Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Para Atlet

Makanan yang dilarang untuk atlet ala DuniaMasak via sean-gelael.com

Sahabat duma, bagi kamu seorang atlet terdapat beberapa makanan yang dilarang untuk kamu konsumsi. Nah, untuk itu, tim DuniaMasak akan membagikan informasi lengkapnya di bawah ini. Simak ya!

9 Makanan yang Dilarang untuk Atlet

Makanan yang dilarang via pexels.com

Makanan yang dilarang via pexels.com

 

1. Diet Soda

Alasan soda menjadi salah satu minuman yang dilarang bagi para atlit adalah karena kandungan pemanis buatan. Sebab, pemanis buatan dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan dan berat badan para atlit. Pada umumnya, pemanis buatan akan mempengaruhi tubuh memproduksi insulin (hormon penyimpanan lemak) lebih banyak. Dengan begitu, kondisi tubuh para atlet tidak akan ideal karena peningkatan insulin.

2. Roti Tawar

Salah satu bahan dasar pembuatan roti tawar adalah tepung putih halus yang berasal dari pengupasan serat gandum. Saat dikonsumsi, akan meningkatkan kadar insulin dan berkontribusi terhadap penurunan energi dan penambahan berat badan.

3. Popcorn

Makanan yang berbahan dasar jagung ini mengandung lemak tidak sehat, kadar sodium yang tidak rata, dan dalam beberapa kasus juga dicampur dengan bahan kimia. Dampaknya bagi atlet adalah menjadi penghambat untuk mencapai berat badan idieal. Bahkan, popcorn juga dianggap bisa menahan proses pemulihan paska latihan.

Baca lainnya  Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

4. Sup Kaleng

Dibalik rasa yang enak dan praktis, sup kaleng ternyata menjadi salah satu makanan yang harus dijauhi oleh para atlet. Sebab, mengandung sodium yang tinggi dan berdampak buruk terhadap kesehatan.

5. Kue Beras

Ada berbagai banyak jenis kue beras yang dijual di pasaran. Meski memiliki rasa enak, tapi kue beras sangat tidak baik dikonsumsi oleh karena rendah kalori dan dapat membuat gula darah melonjak.

6. Sereal Manis

Mengkonsumsi sereal manis (terbuat dari gula buatan atau tidak) sangat tidak baik bagi tubuh, karena mempengaruhi insulin. Pada akhirnya akan membuat tubuh menyimpan lemak berlebih.

7. Granola

Tak selalu produk makanan yang terbuat dari bahan alami itu menyehatkan. Seperti granola yang terbuat dari gandum berserat. Sebagian besar versi serealia mengandung jumlah gula tinggi, lemak yang tidak perlu, dan kelebihan kalori. Semangkuk gandum dengan selai mentega kacang merupakan alternatif yang jauh lebih baik daripada granola.

Baca lainnya  7 Manfaat Tomat Mentah, Konsumsi Setiap Hari yuk!

8. Alkohol

Alkohol menghambat kebugaran fisik. Terlalu banyak minuman keras memperlambat pemulihan otot, mengganggu kemampuan motorik, dan menurunkan kekuatan dan kinerja sprint. Penelitian yang dipublikasikan di ACSM’s Health & Fitness Journal juga menemukan bahwa alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan risiko penyakit serta cedera.

9. Makan Tanpa Protein

Protein sangat penting untuk memperbaiki dan menguatkan jaringan otot. Selain itu, protein dianggap mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu seorang atlet sangat disarankan mengkonsumsi protein secara seimbang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!