Manfaat Besar Bunga Telang Untuk Kesehatan Wanita

Manfaat bunga telang via freepik ala duniamasak

Tahukah kamu bunga yang berwarna biru terang atau ungu yang menarik perhatian? Ya, bunga atau kembang telang adalah tanaman merambat yang dapat ditemukan di pekarangan atau hutan. Semenjak banyaknya yang menanam bunga telang di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai pewarna makanan atau kue. Oleh karena itu, bunga ini semakin banyak digemari oleh semua kalangan. Selain digemari, ternyata bunga telang mempunyai manfaat yang berlimpah terutama untuk kesehatan wanita. Yuk simak dibawah ini!

Cari Tahu Manfaat Bunga Telang Yuk!

Manfaat bunga telang kembang via freepik ala duniamasak
Bunga telang via freepik

Melancarkan haid

Bunga telang dapat dijadikan ramuan herbal karena diyakini mampu mengobati gangguan infertilitas bahkan masalah haid yang tidak lancar. Ramuan ini dapat membantu untuk mencuci darah sehingga haid menjadi lebih lancar. Cara membuatnya adalah dengan memanfaatkan akar dari bunganya yang berwarna putih lalu direbus kemudian diminum secara rutin.

Baca lainnya  7 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Sehari-hari

Membuang racun

Ramuan herbal yang terbuat dari bunga telang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan racun pada tubuh terutama pada sistem pencernaan. Cara pembuatan ramuannya adalah dengan menyeduh bunga telang sebanyak 2-3 kuntum dengan air panas. Ramuan ini bisa disajikan sebagai teh hangat dan dapat ditambahkan madu atau perasan lemon untuk menambah cita rasa.

Menjaga kesehatan mata

Selain untuk kesehatan wanita, bunga telang pun berkhasiat sebagai pengobatan untuk semua kalangan. Salah satunya adalah sebagai obat untuk permasalahan gangguan penglihatan seperti mata merah dan lainnya. Bunga telang diyakini dapat membantu penglihatan mata menjadi lebih cerah. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan 5 kuntum bunga dengan 50 ml air lalu disaring. Air saringan akan digunakan sebagai obat tetes mata. Untuk dosisnya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter masing-masing.

Baca lainnya  Bagaimana Sih Cara Merawat Kompor Listrik Yang Benar?

Meringankan depresi

Bagi sebagian orang, tidur nyenyak bukanlah perihal mudah. Banyak yang terganggu oleh pikiran, kelelahan, ataupun karena gangguan depresi. Hal ini dapat dibantu dengan mengonsumsi ramuan bunga telang. Menurut penelitian, senyawa phytocompย dari ekstrak etanol bunga telang ditemukan asam linolenat dan asam palmitat. Asam ini diyakini dapat mengatasi gangguan mental berupa depresi. Hal ini diketahui bahwa asam tersebut memiliki kandungan antioksidan sehingga terdapat sifat antidepresan.

Demikian beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan wanita. Selamat mencoba dan buktikan sendiri khasiatnya ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!