Kamu Perlu Tahu Manfaat Brokoli Berikut!

Manfaat brokoli bagi banyak orang ala duniamasak via pixabay.com

Manfaat Brokoli seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal sayuran yang satu ini banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita lho! Apa aja sih manfaatnya?

Manfaat Brokoli

Manfaat brokoli via pixabay.com
Manfaat brokoli via pixabay.com

Pencegahan Kanker

Pertama, manfaat kesehatan brokoli yang paling terkenal yaitu meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang kanker. Sama seperti sayuran cruciferous lainnya, seperti kembang kol, kubis brusel dan kubis ini sangat protektif terhadap beberapa kanker perut dan usus.

Seain itu juga, brokoli mengandung khasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh. Jadi, brokoli juga sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim lho!

Mengurangi Kolesterol

Brokoli yang tinggi serat, membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan kita. Serat larut dalam brokoli ini mampu mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah. Sehingga, kolesterol mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah. Oiya, varietas brokoli tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 6 persen.

Baca lainnya  Menu Akhir Tahun Favorit Keluarga yang Bisa Kamu Siapkan di Rumah!

Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari brokoli yaitu mengurangi kolesterol, dan secara tidak langsung itu pun dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Brokoli juga mengandung sulforaphane yang merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang juga disebabkan oleh peradangan karena kronis.

Brokoli dapat menjadi solusi masalah gula darah, karena sangat bagus untuk kesehatan jantung. Serat, vitamin dan asam lemak dalam brokoli membantu mengurangi kolesterol jahat, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Anti-Inflamasi

Brokoli adalah anti-inflamasi yang dapat memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu penderita radang pada sendi, karena bahan kimia ini dapat menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan. Selain itu, brokoli mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur peradangan.

Kesehatan Tulang

Brokoli sangat cocok untuk anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui. Mengapa demikian? Karena, brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Brokoli juga kaya akan nutrisi lain, seperti magnesium, seng dan fosfor.

Baca lainnya  Hot Trend: Manfaat Baking Soda Bagi Kecantikan

Kesehatan Mata

Sama halnya dengan wortel, brokoli pun mengandung lutein yang tinggi. Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel, sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak.

Perawatan Kulit

Kadar vitamin C, mineral tembaga, seng, vitamin K, asam amino dan folat pada brokoli sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga sangat ideal untuk menjaga kekebalan tubuh. Ini juga berarti, bahwa brokoli melindungi kulit dari infeksi dan akan menjaga cahaya alami dari kulitmu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!