Kenali Manfaat Kulit Jeruk Berikut ini

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan ala duniamasak via semarak.news
Hai sahabat duma, kali ini tim DuniaMasak akan bagikan informasi seputar manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. Kulit jeruk mengandung pektin dalam konsentrasi tinggi berkisar antara 15-25 % dari berat kering dan terdapat senyawa limonene 94% dalam kulit jeruk. Pektin merupakan polimer dari asam D-galakturonat yang dihubungkan oleh ikatan β-1,4 glikosidik.
Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral seperti vitamin C, protein, amino nitrogen, kalcium, magnesium, kalium, belerang paling tinggi justru di bagian kulit jeruk dibandingkan pada dagingnya atau sari buah jeruk. Sedangkan, kandungan lemak dan gula lebih rendah pada kulit jeruk.

Manfaat Kulit Jeruk

Manfaat kulit jeruk via pixabay.com

Kulit jeruk via pixabay.com

1. Anti Kolesterol

Hampir semua senyawa anti kolesterol dalam jeruk ditemukan di bagian kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol “buruk” dalam tubuh kita yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat. Oleh karena itu, manfaat kulit jeruk termasuk dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Baca lainnya  Sahabat Duma, Berikut Ini 5 Makanan Sunda yang Harus Kamu Cicipi!

2. Mengatasi Perut Mulas

Kamu menderita sakit maag kronis? dengan bantuan kulit jeruk alami, dapat menyingkirkan mulas dengan seketika. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meringankan mulas. Ketika digunakan selama 20 hari, penderita bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk meringankan penyakit maag.

3. Menyehatkan Pencernaan

Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat. Serat pangan, atau manfaat kulit jeruk lainnya untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung. Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaanmu.

4. Memperbaiki Kondisi Pernapasan

Perasan jeruk penuh dengan vitamin C, merupakan pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru.

Baca lainnya  Cermati Perbedaan Oven dan Microwave Berikut ini!

5. Mengatasi Gangguan Masalah Pencernaan

Sejak dahulu, orang-orang telah menghargai kulit jeruk karena sifat penyembuhan alami mereka. Bahan-bahan yang diekstrak dari kulit jeruk digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai gangguan fungsi pencernaan. Serat makanan yang kaya. akan membantu mengatur gerakan usus, sehingga sistem pencernaan bekerja lebih mudah.

6. Mencegah Kanker (Kulit dan Paru-paru)

Percaya atau tidak percaya kulit jeruk memiliki berbagai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam kita. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!