Manfaat Saffron yang Wajib Diketahui, Menyehatkan!

Manfaat saffron via freepik ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma tentunya pernah mendengar Saffron bukan? Ya, saffron biasanya digunakan unttuk pewarna, penyedap maupun perisa makanan. Walaupun terkenal sebagai bumbu masakan, nyatanya saffron diyakini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Bila sahabat Duma mulai penasaran, yuk kita lihat apa saja manfaat saffron!

Manfaat Saffron

Manfaat saffron via freepik ala tim duniamasak.com
Saffron via freepik

Bentuknya yang mirip dengan benang tipis, serta berwarna merah rupanya berasal dari bunga Cricus sativus. Saffron termasuk kedalam rempah yang memiliki harga yang tinggi, hal itu sebanding dengan tingkat kerumitan menanam dan memanennya. Bayangkan saja 150 bunga hanya mampu memperoleh 1 gram saffron. Berikut ini adalah beberapa manfaat saffron yang menyehatkan:

Kanker

Manfaat saffron yang pertama adalah untuk pengobatan kanker. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa saffron dapat menahan pertumbuhan sel kanker terutama pada kanker usus. Saffron juga mengandung komponent antioksidan yaitu crocin yang dapat membuat sel kanker menjadi lebih sensitif akan kemoterapi. Walaupun demikian penelitian lebih mengenai kanker dan saffron tetap harus dikaji ulang ya sahabat Duma.

Baca lainnya  Cobalah Cara Ini Untuk Mengusir Semut!

Nyeri haid dan gejala PMS

Sebagian wanita pasti pernah mengalami nyeri saat datang bulan. Tidak hanya itu biasanya wanita juga sering mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome) emosional. Sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok wanita yang mengonsumsi kapsul saffron 2 kali sehari dapat meringankan nyeri haid dan gejala PMS Emosional yang lebih stabil.

Radikal bebas

Tidak perlu dragukan lagi bahwa saffron mengandung antoksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat melindungi sel-sel dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas merupakan salah stau penyebab timbulnya penyakit kronis, salah satunya adalah jantung.

Diabetes

Manfaat dari saffron yang terakhir adalah saffron baik dalam mengobati diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan tingkat sensitivitas hormon insulin dapat bertambah dengan mengkonsumsi saffron. Seperti yang kita ketahui bahwa hormon insulin memiliki fungsi untuk mengatur glukosa yang dapat diubah menjadi energi dan juga mengatur kadar gula darah. Untuk itu mengonsumsi saffron sangat baik dalam pengobatan diabetes.

Baca lainnya  Istilah-istilah Kedaluwarsa yang Jarang Diketahui!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!