Melelehkan Coklat Agar Tidak Gosong, Begini Caranya!

Tips melelehkan coklat via food52.com

Cemilan manis yang satu ini memang disukai hampir semua orang dari berbagai kalangan. Tapi kalau terus-menerus membeli coklat membuat kantong kita minipis juga nih sahabat duma! Sebab coklat juga termasuk salah satu cemilan mahal. Membuat coklat sendiri juga lebih efisien uang loh. Mendingan kita buat kreasi coklat sendiri yuk dari coklat batangan yang harganya relatif murah. Selain hemat, aneka macam bentuk dan isi coklat juga bisa kita coba. Agar kamu gak bosen makan coklat yang itu-itu saja. Tapi kamu harus hati-hati dalam melelehkan coklat batang. Ada tips dan triknya tersendiri juga nih.

Coklat via www.bbc.co.uk

Coklat via www.bbc.co.uk

Tips Melelehkan Coklat

Langkah pertama untuk berkreasi dengan coklat adalah dengan cara melelehkannya. Ternyata susah-susah gampang lho. Jika caranya salah, coklat akan menggumpal, tidak bisa mengeras sempurna, atau malah jadi gosong. Jadi, yuk kita bahas tips melelehkan coklat dengan benar berikut ini.

Serut Coklat Atau Potong Kecil-kecil

Sebelum melelehkan coklat, sebaiknya kamu tidak menyimpan coklat di kulkas. Karena coklat akan lebih susah meleleh. Jika sudah terlanjur disimpan di kulkas, keluarkan dulu lalu biarkan beberapa jam di suhu ruangan sampai coklat tidak dingin lagi. Serut coklat dengan pisau, potong menjadi beberapa bagian kecil atau parut coklat dengan parutan keju, supaya nantinya coklat gampang dilelehkan.

Baca lainnya  Makanan Berikut ini Menyembuhkan Penyakit, Mitos Atau Fakta?

Melelehkan Coklat dengan Metode Tim

Coklat biasanya dilelehkan dengan cara ditim. Siapkan panci kecil yang diisi air kira-kira setengahnya. Masak hingga airnya panas. Masukkan coklat yang sudah menjadi bagian-bagian kecil tadi ke dalam mangkuk stainless. Kemudian letakkan mangkuk coklat di dalam panci tadi. Usahakan mangkuknya menutup bagian atas pancinya, ya! Jangan lupa untuk terus mengaduk sampai coklatnya leleh dengan api sedang. Jaga jangan sampai airnya mendidih dan uap airnya naik serta masuk ke dalam mangkuk coklat. Sebab, uap air ini bisa membuat coklatnya jadi menggumpal. Jika terlanjur kena air, tambahkan sedikit mentega saat dilelehkan kembali.

Pilih Jenis Coklat yang Sesuai

Beda coklat, beda pula api yang dipakai untuk melelehkannya. Khusus dark dan milk coklat, lelehkan menggunakan api sedang. Sementara coklat putih atau coklat berwarna, lelehkan di atas api kecil saja. Segera cetak coklat yang sudah dilelehkan agar bentuknya bagus. Kalau coklatnya kembali mengeras, lelehkan ulang seperti langkah-langkah di atas. Setelah dicetak, simpan coklat beberapa saat di kulkas dulu, baru dibungkus dengan kertas alumunium supaya tidak gampang meleleh lagi.

Baca lainnya  Merawat Panci Fincook Berbahan Dasar Stainless Steel

Tambahkan Olahan Coklat Lain

Coklat juga bisa ditambahkan susu atau mentega biar lebih lembut. Caranya, hangatkan dulu susu atau menteganya, campurkan sedikit-sedikit di coklat yang sudah meleleh sambil tetap diaduk di atas api kecil. Tapi coklat yang sudah dicampur susu atau mentega akan memilih tekstur yang lebih lembek dan sulit mengeras. Jadi coklat campuran ini pas banget dipakai untuk topping atau isian cake saja.

Jika kamu ingin membuat coklat seperti warna-warni, campurkan sedikit pewarna makanan yang berbahan dasar minyak ke dalam coklat putih yang sudah meleleh. Tapi pewarna makanan ini harganya lebih mahal dibanding pewarna makanan berbahan dasar air, seperti yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya kamu sudah membeli coklat batangan yang berwarna saja.

Bagaimana sahabat duma? sudah siap membuat coklat sendiri di rumah? terapkan tips dan trik dari tim duma di atas ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!