Tips Cara Membersihkan Dispenser: Penting untuk Kamu Lakukan Secara Rutin

Membersihkan dispenser ala DuniaMasak via jateng.tribunnews.com

Hai sahabat duma, kamu memiliki dispenser di rumah? Harus rutin dibersihkan ya! Membersihkannya pun sesuai tata cara tersendiri lho! Membersihkan dispenser sebenarnya sangat mudah jika kamu melakukan dengan cara yang benar. Berikut tata caranya!

Membersihkan Dispenser Miyako

Membersihkan Dispenser Minuman Miyako WD 186 H

Membersihkan Dispenser Minuman Miyako WD 186 H

Nah, kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan dispenser?  Waktu yang tepat adalah ketika air dispenser habis dan kamu akan mengganti galon dengan yang baru. Disaat dispenser dalam keadaan kosong, maka disaat itulah kamu seharusnya membersihkan galon mulai dari tabung, kran dan bagian luarnya.

Akan tetapi waktu maksimal untuk membersihkan dispenser adalah 3 – 6 bulan sekali. Untuk menjaga air minum agar selalu bersih dan sehat maka kamu sekurang – kurangnya harus membersihkan dispenser dengan waktu yang tertulis diatas.

Untuk cara membersihkan dispenser bisa disimak pada ulasan berikut:

Pertama

Tahap awal membersihkan dipenser adalah pastikan semua kabel listrik tidak terhubung. Hal ini perlu dilakukan agar ketika kamu membersihkan dispenser, tidak terjadi kesetrum atau hal lain yang tidak diinginkan. Lalu, copot dan angkat galon dari tabung dispenser. Apabila masih ada sisa air dalam tabung, buanglah air itu dengan menyalakan kran dispenser agar airnya bisa keluar.

Baca lainnya  Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!

Pembersihan Dasar

Selanjutnya cuci tabung menggunakan sponge dan sabun cair untuk mencuci piring. Kamu bisa menguras bagian tabung ini menggunakan air hangat yang telah diberi satu sendok teh cuka dicampur dengan sabun cuci piring untuk hasil yang maksimal. Lakukan ini dengan hati – hati seperti cara membersihkan cermin yang harus dilakukan dengan telaten.

Membersihkan Tabung Menggunakan Pemutih

Jika kamu menggunakan cairan pemutih, maka tuangkan ke dalam tabung air hangat yang telah dicampur dengan cairan pemutih pakaian dengan ukuran setengah sendok makan. Tunggu hingga kurang lebih 5 menit, lalu usap menggunakan sponge yang sudah dicuci bersih. Bilas beberapa kali hingga tidak tersisa bau sabun ataupun cairan pemutih. Hilangkan baunya seperti halnya cara membersihkan kulkas yang berbau dengan maksimal. Pemutih sangat ampuh untuk membunuh bakteri, kuman dan jamur bahkan lumut – lumut yang menempel di tabung dispenser.

Membersihkan dengan Jeruk Nipis

Jika kamu ingin sesuatu yang alami, gunakan jeruk nipis untuk membersihkan tabung dispenser. Jeruk nipis mengandung ph yang sangat tinggi sehingga ketika dibuat mebersihkan tabung, kotoran dan bakteri serta kuman akan mati dan terangkat. Enzime yang terdapat pada jeruk akan bekerja sangat baik bila dicampurkan dengan air hangat. Untuk itu, ambil satu atau dua jeruk nipis lalu peras dan masukkan perasan itu pada air hangat kuku.

Baca lainnya  Jangan Buang Akar Bayam, Berikut Khasiatnya!

Membersihkan Kran Dispenser

Tahap terakhir adalah membersihkan kran dispenser. Nah, bagian ini yang sering luput dalam proses membersihkan dispenser. Kran ini mempunyai bagian yang sering kali dijadikan tempat bersarangnya bakteri dan kuman, serta lumut yang lembut apabila tidak pernah dibersihkan. Karena bagian ini sangat kecil, sehingga kamu perlu sikat gigi bekas untuk mencapai bagian dalamnya.

Tahap Akhir

Di tahap akhir, ketika tabung dan kran sudah bersih maka saatnya menggunakan kain basah pada permukaan luarnya. Bersihkan sisa kopi ataupun cairan susu yang membuat bagian depan dispenser nampak kotor. Bila sudah dilap semua bagiannya, maka saatnya kamu memasang kembali galon yang telah dilepas. Lakukanlah pembersihan dispenser secara rutin. Oiya, banyak banget promo menarik dari miyako lho! Cek di website kami ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!