Agar Kompor Awet, Berikut Cara Membersihkan Kompor yang Benar

membersihkan kompor agar awet ala duniamasak via sevenstonesinc.com

Bagaimana sih agar kompor yang kita miliki bisa awet dan tahan lama? Tentu, merawat dan membersihkan kompor secara rutin diperlukan perhatian dan perlakuan khusus. Demi menjaga kebersihan kompor juga diperlukan ketelatenan agar kompor bisa terawat dengan maksimal. Simak penjelasan lengkap tim duniamasak di bawah ini ya!

Membersihkan Kompor

membersihkan kompor via duniamasak.com

Kompor via duniamasak.com

1. Langsung Membersihkan Kompor Setelah Memasak

Pada saat proses memasak pastinya tidak lepas dari noda-noda ataupun bahan-bahan masakan yang bececeran dan berserakan di bagian permukaan kompor. Hal sepele seperti itu juga harus diperhatikan. Biasakan setelah selesai memasak, kamu langsung melakukan proses pembersihan pada bagian permukaan kompor dengan lap setengah basah ataupun dengan kanebo khusus. Lap secara perlahan dan menyeluruh. Jika ingin lebih mengkilap, setelah selesai dibersikan menggunakan lap setengah basah, kamu bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus dan mengelapnya kembali agar kebersihannya lebih maksimal.

Baca lainnya  Temukan Cita Rasa Kopi Terbaik di 7 Speed Coffee

2. Bersihkan Bagian Bawah Tungku Kompor

Bagian tungku kompor adalah bagian yang rentan untuk tempat bersarang kotoran bekas noda-noda dan berbagai bahan masakan, terutama pada bagian bawah tungku kompor. Usahakan untuk membuka dan membongkar bagian tungku untuk membersihkan bagian bawah tungku yang biasanya terdapat noda-noda yang menumpuk dan lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang lumayan susah untuk dibersihkan.

Untuk mengecek dan membersihkan bagian tungku kompor, kamu bisa melakukannya dengan cara melepaskan bagian penutup besinya itupun jika ada, kemudian lakukan pengelapan dengan menggunakan kain lembab atau yang setengah basah. Jika pada bagian lapisan yang bergerigi bisa dilepas, maka kamu bisa melepasnya terlebih dahulu dan kamu bisa menusuk pada bagian lubang dengan menggunakan jarum ataupun sikat plastik dengan cara perlahan-lahan agar kotoran-kotoran yang menempel dan berkerak pada bagian lubang dapat keluar.

3. Bersihkan Selang Pada Kompor

Selang kompor merupakan komponen penting dalam mendukung fungsi dari kompor itu sendiri. Selang kompor juga sangat perlu diperhatikan kebersihannya agar dapat memperlancar sumber api yang akan muncul sehingga api yang timbul di tungku bisa sempurna karena tidak ada kotoran yang menyumbat pada selang kompor. Kamu bisa melepas selang yang terhubung ke kompor dan bersihkan pada ujungnya. Sebelum melepas selang, kamu harus melepas regulator yang terpasang pada tabung terlebih dahulu.

Baca lainnya  Jajanan Palembang untuk Sambut Asian Games 2018

4. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Regulator

Regulator adalah alat yang digunakan untuk mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Lakukan pengecekan secara rutin untuk mengantisipasi kebocoran gas melalui regulator karena regulator yang tidak terpasang dengan sempurna dan menyebabkan kebocoran gas. Regulator yang semula terpasang dengan baik pun bisa menjadi penyebab kebocoran yang biasanya dapat disebabkan oleh adanya geseran-geseran selang yang tidak sengaja tersenggol saat melakukan aktivitas di dapur dan juga binatang-binatang (seperti tikus, kucing, atau pun binatang peliharaan lainnya), tanpa kita sadari hal tersebut dapat memicu kebocoran pada gas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!