Tips Membuat Bento untuk Bekal Keluarga Dengan Bento Box

membuat bento untuk keluarga ala dunimasak via idntimes

Bento merupakan istilah orang Jepang dalam menyebut bekal makan siang. Bento biasanya dibuat semenarik mungkin agar menggugah selera makan orang yang membawanya. Disamping itu kandungan gizinya sangat diperhatikan untuk mendukung kegiatan selepas makan siang. Jika bingung bagaimana cara membuatnya simak tips membuat bento untuk bekal keluarga dalam bento box dibawah ini.

Tips Membuat Bento untuk Bekal Keluarga

membuat bento untuk bekal keluarga via pixabay.com
membuat bento untuk bekal keluarga via pixabay.com

Memilih Wadah Bento Menarik

Agar terlihat menarik dari luar pilihlah bento box sesuai dengan bekal yang akan dibuat. Untuk anak-anak biasanya lebih menyukai bento box dengan warna-warna cerah, berbentuk unik, dan memiliki gambar tokoh favoritnya. Sedangkan orang dewasa basanya lebih bebas, namun ada juga yang mempunyai favorit tertentu mengenai warna atau tampilan bento box-nya. Selain itu pilihlah bento box yang aman, biasanya ditandai dengan simbol gelas dan garpu.

Membuat Makanan yang Tahan Lama

Biasanya bento dibuat pagi karena akan dimakan pada istirahat siang. Jarak antara pagi dan siang yang cukup lama tentu akan mempengaruhi rasa dari makanan tersebut. Apalagi udara panas di sekitar juga mempengaruhi rasa dari bento. Jadi pilihlah wadah yang dapat membuat makanan tetap awet dan tidak berbau menyengat. Sebelum menggunakan bento box pastikan terlebih dahulu bahwa wadah tersebut benar-benar kering. Selain itu setelah makanan ditaruh di dalam wadah tutuplah ketika sudah dingin agar tidak menimbulkan uap air yang dapat membuat makanan cepat basi.

Baca lainnya  Tata Cara Mengolah Ubi yang Benar Sebagai Camilan Sehari-hari

Perhatikan Bahan dan Kandungan Gizi

Saat membuat bento perhatikanlah bahan serta kandungan gizinya. Gunakanlah bahan-bahan yang masih segar serta cukup mengandung gizi terutama karbohidrat dan protein. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, mi, atau umbi-umbian. Sedangkan asupan protein berasal ikan, daging, dan kacang-kacangan. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan buah-buahan. Akan lebih baik lagi jika bahan-bahan yang ada masih dalam keadaan segar dan bebas pengawet. Jika memakai bahan-bahan yang masih segar tentu rasanya juga akan lebih enak.

Isi Bekal Menarik

Isi bekal yang menarik akan membuat orang yang menyantapnya bersemangat terutama anak-anak. Pasti kamu pernah melihat bagaimana bento asli Jepang yang memiliki bentuk imut-imut. Sedangkan untuk orang dewasa biasanya lebih simpel meskipun sedikit kreasi tentu membuat tampilannya lebih menarik. Untuk membuat kreasi-kreasi tertentu pada bekal, kamu tidak perlu repot-repot karena sekarang sudah banyak alat pencetak bento yang dijual. Selain itu menambahkan beberapa makanan kecil seperti sandwich atau biskuit juga layak untuk dicoba.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut ini untuk Melancarkan Pencernaan!

Penyusunan Bekal

Susunlah bekal secara padat berisi agar terlihat cantik dan tidak mudah rusak saat di perjalanan. Bekal makanan yang ditempatkan tidak padat biasanya akan acak-acakan ketika menghadapi guncangan di jalan. Kalau perlu tambahkan plastik diatas makanan kemudian baru menutupnya.

Sesuaikan Porsi

Berikanlah makanan yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan keluarga. Misalnya untuk anak-anak berikan porsi yang lebih sedikit dari orang dewasa agar mereka tidak lesu karena kekenyangan. Begitu pula untuk orang dewasa, berikan porsi yang pas untuk makan siang jangan terlalu sedikit maupun berlebihan agar tidak mengantuk.

Demikian tips membuat bento untuk bekal keluarga dengan bento box yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah, isi dan penataan bento yang menarik akan menggugah selera makan siang keluargamu. Namun akan lebih baik jika bertanya kepada keluargamu bekal seperti apa yang ingin dibawanya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!