Mudah Membuat Kue Tidak Lengket di Loyang, Ikuti Tipsnya Berikut ini

Mudah Membuat Kue bersama DuniaMasak via blog.mattr.co

Membuat kue bisa dibilang gampang-gampang susah nih sahabat duma! Sebab proses mengukus maupun memanggang kue mempunyai triknya tersendiri. Hal ini ditujukan agar ketika membuat kue tidak lengket pada loyang. Berikut tata cara agar kue tidak lengket pada loyang dan kue yang dihasilkan sempurna. Simak yuk tipsnya!

Cara Membuat Kue Agar Tidak Lengket pada Loyang

Membuat kue via pixabay.com

Membuat kue via pixabay.com

Loyang Harus Kering dan Bersih

Membuat kue yang dengan hasil yang sesuai harapan berawal dari loyang yang bersih. Pastikanlah kamu memakai loyang yang bersih dan kering, ya! Sedikit kotoran atau bekas kue di dasar loyang tentunya mempengaruhi hasil panggangan atau kukusan. Nah salah kesulitan dalam membuat kue adalah mengangkatnya dari loyang. Oleh karena itu, bersihkan loyang dari kerak dan kotoran.

Lapisi Dasar Loyang dengan Margarin atau Cooking Spray

Margarin atau cooking spray dapat melicinkan permukaan loyang, sehingga kue bisa diangkat dengan mudah saat matang. Oleskan margarin atau semprotkan cooking spray pada dasar loyang. Oleskan atau semprotkan secukupnya, jangan terlalu banyak karena dapat mempengaruhi rasa kue yang dihasilkan. Setelah itu, taburi dengan sedikit tepung pada bagian yang sudah dioles.

Baca lainnya  Resep Favorit Wirta Wana: Acar Ikan Nyonya & Sambal Terong Balado

Atau, Lapisi dengan Kertas Kue

Selain margarin dan cooking spray, kamu juga bisa menggunakan kertas kue/baking yang lebih praktis. Bagi kamu yang sering membuat kue mungkin sudah tak asing lagi dengan tata cara ini. Kedua jenis pelapis ini dijamin tidak akan meninggalkan bekas kue di dasar loyang.

Gunakan Loyang Anti Lengket

Loyang dapat meminimalisir kue yang lengket. Sebaiknya kamu memilih loyang yang anti lengket ya! Pasalnya, permukaan loyang anti lengket terasa licin sehingga memudahkan kue untuk diangkat. Ada beberapa jenis loyang anti lengket, misalnya loyang teflon, loyang baja/besi, dan loyang silicon. Harganya tentu lebih mahal dari material loyang yang lain, tapi kamu tidak perlu melapisinya lagi dengan banyak mentega/margarin dan tepung.

Baca lainnya  Suasana Restaurant Makan Menu Nusantara Lengkap dan Puas!

Dinginkan Kue Sebelum Diangkat

Kita seringkali terburu-buru mengeluarkan kue dari loyang saat masih hangat. Padahal, kebiasaan ini justru membuat kue menjadi lengket. Kandungan mentega dalam kue cenderung lunak ketika masih hangat. Sebaliknya jika dibiarkan dingin dalam suhu ruang, mentega akan lebih memadat sehingga kue lebih mudah dikeluarkan dari loyang. Gunakan pisau untuk mengiris tepi kue agar tidak terlalu menempel dengan loyang.

Nah, mudah kan? Sekarang kamu tidak perlu ragu memanggang atau mengukus kue di rumah. Selamat mencoba! Happy baking!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!