Membuat Sirup Sendiri untuk Persiapan Bulan Ramadhan “Gampang Banget Nih”

Yuk Membuat Sirup Sendiri via www.blibli.com/

Sirup merupakan minuman yang kebanyakan dari kita sering mengonsumsinya. Yap, apalagi di bulan Ramadhan, sirup merupakan minuman yang mudah banget ditemui di setiap meja makan ketika berbuka puasa. Kamu rutin membeli sirup di pasar dengan rasa yang itu-itu saja? Daripada membeli, lebih baik kamu membuat sirup sendiri untuk stok selama bulan puasa sahabat duma! Gimana sih cara membuat sirup sendiri? Yuk intip rahasianya berikut!

Membuat Sirup SendiriĀ  di Rumah Yuk!

Mudahnya Membuat Sirup Sendiri via pixabay.com

Mudahnya Membuat Sirup Sendiri via pixabay.com

Jika kamu kehabisan persediaan sirup di rumah, sedangkan tidak ada waktu untuk keluar rumah untuk membelinya, jangan khawatir, kamu bisa membuat sendiri sirup di rumah. Simak caranya berikut ini!

Membuat Sirup Sendiri dengan Bahan Super Simple

Pertama-tama kamu hanya butuh gula dan air sebagai bahan dasar. Setelah itu, kamu bisa menambahkan vanila sebagai perasa makanan serta sedikit pewarna makanan plus buah ataupun bahan lainnya sesuai rasa yang diinginkan.

Kemudian caranya adalah dengan memulai merebus 500 ml air dengan 200 gr gula pasir. Aduk hingga mendidih pun hingga gula larut. Tambahkan sedikit perasa buah atau bubuk vanila hingga berbau harum. Kemudian campur 2 tetes pewarna makanan agar terlihat menarik. Kamu bisa menambahkan buah-buahan yang telah di haluskan sebelumnya sesuai selera ya! Aduk hingga tercampur rata. Matikan kompor dan biarkan hingga dingin. Ambil botol sirup yang tidak terpakai atau wadah tertutup lain. Tuanglah sirup yang telah jadi tadi ke dalamnya. Simpan di tempat teduh dan sejuk, atau sebaiknya kamu masukkan ke dalam kulkas.

Baca lainnya  Ternyata Hal-hal Berikut ini Merupakan Persepsi yang Salah Tentang Kopi

Oiya untuk triknya adalah pastikan air sirup tidak terlalu kental saat dibuat atau kekurangan air ya! Karena saat dimasukkan ke dalam kulkas, bisa jadi membeku atau semakin kental. Beri tanggal pembuatan dan beri jangka waktu pemakaian hingga 3 bulan ya! Kamu bisa membuat sirup dengan berbeda-beda rasa buah ataupun mencampurkannya sesuai selera. Jangan lupa atur kadar airnya lebih banyak dari buah kental yang kamu buat sahabat duma!


Sirup Apa Aja Sih yang Bisa Kamu Buat?

Oiya untuk sekedar informasi nih! tim duma akan berikan cara simple variasi membuat sirup sendiri nih!

Sirup Lemon

Rebus gula di dalam air bersama parutan kulit jeruk. Setelah itu saring.

Sirup Beraroma Rempah

Rebus gula di dalam air bersama cengkeh, kayumanis, dan serai.

Sirup Pandan

Rebus gula di dalam air bersama daun pandan yang sudah disobek-sobek.

Sirup Vanilla

Rebus gula di dalam air bersama vanilla pod yang sudah dibelah dan dikeluarkan bijinya.

Sirup Mint

Rebus gula di dalam air bersama daun mint sampai aromanya keluar.

FYI: Sirup Lebih Cepat Larut Dibandingkan Gula Pasir

Selain itu, untuk informasi nih sahabat duma, keuntungan menggunakan air gula atau sirup dibandingkan dengan gula putih bubuk adalah air gula atau sirup lebih mudah larut lho! Rasa sirup yang biasa kita jumpai di toko, sesungguhnya kita bisa membuat sirup sendiri dengan rasa dan aroma yang berbeda dari pasaran. Apalagi dengan membuat sirup sendiri kita dapat mengatur kekentalan, rasa dan aromanya. Caranya mudah banget kan, tunggu apa lagi, yuk buat sendiri di rumah!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!