Memilih Kemasan Kopi, Agar Kopi Tetap Sempurna!

memilih kemasan kopi via freepik ala tim duniamasak.com

Beberapa dari sahabat Duma pasti berpikir bahwa kemasan kopi yang baik adalah kemasan yang memiliki katup udara (air valve). Padahal tidak menutup kemungkinan bahwa kemasan tanpa katup udara juga memiliki kualitas yang baik. Para roastery maupun produsen kopi sebetulnya dapat memilih kemasan yang cocok untuk produk kopinya. Memilih kemasan kopi biasanya didasari beberapa faktor. Adapun faktor yang mempengaruhi pertimbangan pemilihan kemasan yaitu, biaya, tingkat keawetan kopi, dan juga lingkungan.

Memilih Kemasan Kopi

memilih kemasan kopi via freepik ala tim duniamasak.com
Memilih kemasan kopi via freepik

Kemasan kopi yang dipilih oleh produsen pastiya tidak hanya berfokus pada keawetan dari kopi itu sendiri. Itulah mengapa adanya jenis kemasan kopi yang berbeda-beda seperti berikut ini:

Sealed Foil Packaging

Kemasan bersegel dengan foil sebagai lapisannya ini memiliki fitul triple-ply foil. Fitur ini dapat langsung menyegel kopi saat dimasukkan sehingga tehindar dari udara yang masuk. Namun tidak hanya itu, kelebihan dari kemasan sealed foild packaging adalah katup khusus. Ya, katup khusus ini berfungsi untuk membuang karbondioksida yang dikeluarkan secara alami oleh kopi. Maka dari itu, saat menggunakan kemasan ini, kesegaran kopi pun tetap terjaga. Perlu diketahui, bila sering membuka dan menutup segel kemasan, tetap akan mengurangi tingkat kesegaran kopi ya. Kemasan sealed foild packaging tidak dapat didaur ulang. Namun, banyak produsen maupun roaster kopi yang menjatuhkan pilihan ke kemasan ini. Selain faktor kesegaran kopi, faktor biaya dan juga dampak lingkungan menambah alasan mereka memilih kemasan ini.

Baca lainnya  Rekomendasi untuk Perlengkapan Restoran Cepat Saji

Gas-Flushed Sealed Foil Packaging

Kemasan gas-flushed sealed foil packaging ini memiliki nama lain kemasan bersegel-kedap udara. Pasalnya, kemasan ini memiliki fitur untuk mengeluarkan oksigen. biasanya mesin akan mengeluarkan inert gas yang fungsinya mengeluarkan oksigen yang ada pada kemasan. Sehingga kesegaran kopi tetap terjaga.

Unsealed Craft Packaging

Terkenal dengan fiturnya yang dapat menyekat minyak kopi. Jenis kemasan kertas yang digunakan adalah greaseproof yang memang bagus dalam menahan resapan minyak kopi. Oiya, kertas ini juga termasuk foodgrade. Namun. kemasan ini sangat mudah terapar oleh oksigen. Hal itu dikarenakan kemasan ini hanya digulung dan diberi perekat khusus. Sehingga udara pun mudah masuk kedalam kemasan dan mempengaruhi isinya.

Baca lainnya  Rekomendasi Tempat Makan Coklat Paling Enak di Jakarta
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!