Mencari Sauce Pan yang Cocok untuk Anak Kos

sauce pan via freepik ala tim duniamasak.com

Menjadi anak kos dalam perantauan, bisa jadi anugerah atau keuntungan tersendiri. Belajar hidup mandiri terlepas dari naungan dan dukungan orang tua ataupun keluarga. Dalam kehidupan sehari-hari, anak kos dituntut untuk bisa mengelola kehidupan pribadinya, contohnya seperti menyiapkan makanan. Memang tidak jarang yang memilih membeli makanan di luar ketimbang memasak sendiri, dengan alasan lebih bisa menghemat waktu. Namun, untuk anak kos yang minim keuangan, memasak sendiri menjadi solusi. Dibawah ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari sauce pan yang cocok untuk anak kos agar memudahkan dalam proses memasak sendiri.

Pilihlah Sauce Pan yang berkualitas Namun Hemat

Panci Sauce Pan MIYAKO SP-16A via duniamasak.com
Panci Sauce Pan MIYAKO SP-16A via duniamasak.com

Sauce pan adalah panci yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Panci ini memiliki banyak manfaat, bisa dipakai untuk menggoreng sekaligus merebus. Bentuknya tinggi sedang dan memiliki penutup. Biasanya panci jenis ini memiliki volume 2.4 liter dengan diameter atas selebar 18 cm. Sauce Pan biasanya digunakan sekaligus untuk mempersiapkan melelehkan mentega, mempersiapkan saus, menggoreng bumbu halus, hingga membuat sup atau sayur.

Khususnya bagi Anda anak kos, memiliki sebuah sauce pan akan menjadi nilai lebih yang bisa mempermudah dalam proses memasak setiap hari. Panci ini dapat digunakan sebagai pengganti wajan atau panci penggorengan. Jika Anda berminat untuk mencari sauce pan, perhatikanlah beberapa hal berikut ini agar Anda dapat memiliki pengetahuan mengenai sauce pan dan tidak menyesal setelah membelinya.

Baca lainnya  7 Jenis Jambu Biji Sehat dan Enak, Coba Satu Jenis Mana Cukup!

Pertama, sauce pan yang terbuat dari bahan alumunium. Bahan ini paling banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan panci ataupun wajan. Karena harganya yang relatif murah, panci berbahan alumunium sangat diminati. Selain itu, karakteristik bahan ini adalah ringan dan bagus dalam menyampaikan panas. Sehingga memasak dengan panci ini akan lebih cepat. Alumunium juga mudah dalam hal perawatannya. Jika Anda cukup rutin dalam merawat dan membersihkan, panci Anda akan awet dan dapat bertahan lama dalam kondisi yang baik.

Kedua, Sauce pan yang menggunakan bahan besi cor. Besi cor adalah besi yang dipanaskan lalu dituang ke dalam cetakan berbentuk panci. Bahan ini terbilang berat secara ukuran dan kurang praktis. Namun, panci berbahan besi cor bisa bertahan lama atau bahkan bisa sampai seumur hidup jika Anda merawatnya dengan benar. Namun, Anda harus hati-hati ketika memasak menggunakan bahan yang memiliki sifat asam. Bahan ini akan bereaksi terhadap besi sehingga bisa menjadikan karat terhadap panci.

Baca lainnya  Tips Memilih Talas Hingga Resep Praktis Membuat Talas Bogor

Ketiga, panci berbahan tembaga. Bahan yang satu ini merupakan bahan yang unik untuk digunakan sebagai peralatan masak. Namun secara alami, menggunakan panci tembaga terbilang baik oleh sifatnya yang antimikroba karena mengandung banyak kuningan. Panci ini juga merupakan penghantar panas yang handal sehingga dapat menghemat waktu memasak. Akan tetapi, panci berbahan tembaga ini termasuk peralatan masak yang lumayan mahal.

Terakhir adalah panci berbahan besi tahan karat. Hampir semua pabrik panci menggunakan bahan yang satu ini. Selain harganya yang lumayan murah, panci ini terkadang sudah dilengkapi dengan inti tembaga atau alumunium yang bisa membuatnya awet dan tahan lama. Panci berbahan stainless ini juga tidak memiliki reaksi terhadap berbagai jenis bahan makanan terutama asam. Jadi Anda akan lebih leluasa dalam memasak semua jenis makanan.

Itulah tadi gambaran beberapa macam bahan panci yang bisa Anda dipelajari, dan temukan sauce pan yang cocok dengan kebutuhan memasak Anda. Jadikan pengalaman memasak Anda di rumah kos sebagai hal yang menyenangkan untuk diingat di kemudian hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!