Tips Mengatur Dapur Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Sahabat duma, memiliki dapur berukuran kecil bisa menjadi tantangan tersendiri ya! Mengatur dapur kecil agar bisa terlihat lebih besar dan nyaman memang sangat penting, mengingat akan banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang dilakukan di ruangan ini.

Meski dapurmu kecil bukan berarti kamu tak bisa mengakalinya untuk terlihat lebih besar dan menarik. Mengatur dapur minimalis menjadi dapur yang fungsional bukanlah hal yang tak mungkin. Dibutuhkan informasi yang tepat sekaligus kreatifitas saat menata dapur yang memiliki ruangan terbatas.

Berikut Tips Mengatur Dapur Agar Terlihat Lebih Besar dan Fungsional

Mengatur Dapur Rumah Kamu via pixabay.com

Mengatur Dapur Rumah Kamu via pixabay.com

Kabinet Dapur Dengan Pintu Kaca

Pintu kabinet dapur yang terbuat dari kaca berfungsi sebagai ilusi optikal yang dapat membuat matamu bisa melihat bagian dalam kabinet dengan jelas. Hal ini membuat dapur terasa lebih besar karena kaca di kabinet tadi membuat dinding dapur terasa jauh.

Gunakan Warna Putih

Warna putih merupakan warna terbaik untuk diaplikasikan pada dapur sempit. Warna ini mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga membuat ruangan terasa lebih besar. Cat dinding dapur dengan warna putih dan sesuaikan perabotan lain di dalam dapur dengan warna senada, seperti kabinet dapur, countertop, langit–langit, lemari hingga keramik untuk lantai. Agar dapur terasa lebih ‘hidup’ meski sebagian besar perabotannya berwarna putih, kamu bisa menggunakan shade putih yang berbeda.

Baca lainnya  Berbagai Macam Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya

Pilih Furnitur yang Sesuai

Gunakanlah perabotan yang berukuran pas dengan ruangan dapurmu, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini agar dapur tidak terlihat terlalu ‘ramai’ dengan keterbatasan ruang yang ada.

Pakai Rak Terbuka

Gunakanlah open shelving atau rak terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka mampu membuat ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus menjadi penghias dapur jika kamu bisa mengatur peralatan dapur dengan baik di dalamnya.

Jangan Menumpuk Barang

Jangan sesekali memenuhi bagian rak maupun kabinet yang ada di dapur dengan terlalu banyak barang. Hal ini akan menyebabkan dapur terlihat kurang rapi. Ada baiknya hanya display atau simpan peralatan dapur yang paling sering digunakan dan letakkan peralatan dapur lain di dalam laci–laci kabinet agar terlihat lebih rapi.

Perabotan yang Mengkilat dan Penerangan

Selain kaca, furnitur yang mengkilat seperti pemilihan keramik yang shiny untuk lantai dan backsplash dekat wastafel, alat elektronik dapur yang terbuat dari stainless steel, kabinet yang memiliki rangka dari stainless steel atau besi juga bisa membuat dapur kecil terlihat lebih rapi dan luas. Selain itu, pastikan lampu yang digunakan di dapur terang dan jika ada jendela pastikan sinar matahari bisa masuk ke dalamnya.

Baca lainnya  Ternyata Berikut ini Manfaat Kopi Pahit Bagi Tubuh

Dengan tips mengatur dapur di atas, kamu dapat berkreasi dalam menata ruangan dapurmu yang memiliki keterbatasan dalam ruang menjadi dapur yang unik dan nyaman. Aktifitasmu sehari-hari di dapur pun akan semakin efektif dan menyenangkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan